Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jarvis Ingin MotoGP Perhatikan Pasar Asia Tenggara

Bagja - Sabtu, 23 Maret 2013 | 21:53 WIB
No caption
No credit
No caption


Ketika Valentino Rossi memilih untuk pindah ke tim Ducati di akhir musim kompetisi 2010 lalu, seketika itu juga tim Yamaha langsung kehilangan sponsor utama mereka yaitu FIAT. Meski tidak mengikuti langkah Rossi ke tim Ducati, namun sponsor lainnya justru berlomba ambil bagian di tim asal Italia itu.

Tapi ketika Rossi memutuskan untuk kembali ke tim Yamaha, tidak ada sponsor baru yang mau berinvestasi pada tim ini. Merek minuman energi yaitu Monster Energy, pun sebenarnya mencapai kesepakatan untuk ajang motorsport Yamaha, bukan khusus untuk ajang balap MotoGP. Toh, baik Jorge Lorenzo maupun Valentino Rossi, balapan dengan membawa nama tim Yamaha Factory Racing, bukan Monster Yamaha.

Hal ini membuat Lin Jarvis sebagai bos tim Yamaha, mulai menganggap bahwa harusnya penyelenggara MotoGP mulai melirik kepentingan pasar investasi di wilayah Asean (Asia Tenggara). Lantaran sekarang banyak perusahaan asal wilayah ini, yang tetap berani berinvestasi di MotoGP. Kendati MotoGP hanya sekali diselenggarakan setiap musimnya, yaitu di MotoGP Malaysia.

“Saya khawatir dengan kelanjutan MotoGP jika mereka masih terlalu fokus untuk pasar Eropa, sementara di Eropa krisis finansial sedang berkepanjangan. Harusnya MotoGP mulai melirik pasar Asia Tenggara, terkhusus Indonesia. Ketika kami mengunjungi negara ini dalam tur promosi, antusiasme masyarakatnya sangat tinggi,” jelas Jarvis.

“Saya mengamati, tidak ada kesulitan bagi perusahaan yang memang punya komitmen di dunia motorsport untuk jadi sponsorship. Bahkan beberapa tim sudah mulai merekrut pembalap asal Indonesia, walaupun prosesnya memang masih butuh waktu. Tidak sponsor baru lagi dari Eropa, rasanya sudah cukup jadi bukti bahwa MotoGP harus melakukan ekspansi ke Asia Tenggara,” pungkasnya.

Jika pandangan Carmelo Ezpeleta sepakat dengan hal ini, perwujudan pagelaran event MotoGP harusnya terlaksana dalam waktu yang tidak lama lagi. Tinggal menunggu kabar pembangunan sirkuit yang katanya bakal dialokasikan di Bali. Semoga saja benar adanya. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa