Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mercedes GP Bakal Kena Sanksi Karena Tes Privat Bareng Pirelli

toncil - Rabu, 29 Mei 2013 | 11:11 WIB
No caption
No credit
No caption


Tim Mercedes GP adalah tim yang akhirnya sepakat untuk menerima pinangan Pirelli untuk melakukan sesi pengetesan untuk membuat kompon ban musim 2014 mendatang. Tapi ternyata sesi pengetesan ini tidak mendapat ijin dari FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) sebagai badan tertinggi balap mobil dunia. Selain itu juga melanggar regulasi pengetesan, karena bukan pengetesan resmi dari FIA.

Hal ini sontak mendapat respon kuat dari tim Red Bull dan Ferrari usai F1 Monako (26/5) akhir pekan lalu. Dimana kedua tim tersebut mengaggap bahwa tim Mercedes GP bisa saja memanfaatkan hubungan pengetesan ini untuk memberikan hasil terbaik di F1 Monako.

Meski sudah terjadi dan sempat lolos dari perhatian FIA, sekarang badan balap mobil dunia tertinggi itu mulai mempertimbangkan untuk memberi sanksi kepada tim Mercedes GP. Tergantung dari pelanggaran regulasi yang mereka lakukan.

“Pirelli memang sudah pernah meminta kepada kami (FIA) untuk melakukan pengetesan paling tidak dengan jarak 1.000 km. Hal ini mereka lakukan untuk mempersiapkan kompon ban untuk musim 2014 mendatang. Tapi bagaimana pun juga, tidak pernah ada kesepakatan untuk membuat sesi tes khusus pada saat musim berjalan,” jelas pernyataan dari FIA.

“Satu-satunya saran yang pernah diberikan oleh FIA kepada Pirelli adalah, mereka melakukan pengetesan sendiri dengan membawa pembalap sendiri. Adapun mobil yang bakal mereka gunakan, harusnya diberikan kesempatan kepada semua tim. Tapi hingga saran itu diberikan, baik Pirelli maupun Mercedes GP tidak pernah memberikan konfirmasi kepada FIA,” lanjut pernyataan tersebut.

Sekarang FIA dan otoritas terkait sedang melakukan pembicaraan khusus, jenis sanksi yang bakal mereka jatuhkan kepada tim Mercedes GP. (otosport.co.id)


Editor : toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa