Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ecclestone Menganggap Team Order Belum Pantas Diberlakukan

Bagja - Rabu, 27 Maret 2013 | 08:08 WIB
No caption
No credit
No caption


Formula 1 musim 2013, baru saja berlangsung selama 2 seri. Namun hal yang membuatnya sangat menarik adalah karena tim-tim mulai memberlakukan team order, khususnya dalam mengatur posisi finish kedua pembalapnya. Hal ini terlihat di Formula 1 Malaysia (24/3) lalu. Dimana tim Red Bull dan Mercedes GP memberlakukan team order untuk mengatur posisi finish pembalapnya.

Namun Sebastian Vettel justru melakukan sebaliknya, ia mengabaikan perintah dari tim untuk menjaga posisinya di urutan kedua. Aksi ini pun menjadi perdebatan besar di F1 awal musim. Lantaran Vettel dinilai sudah mulai congkak dan tidak mau mengindahkan perintah dari timnya lagi.

Tapi bagi Bernie Ecclestone sebagai supremo Formula 1, seharusnya tim-tim tidak memberlakukan hal itu di awal musim. Bahkan lebih keras lagi, pria berusia 82 tahun itu menganggap bahwa harusnya team order tidak digunakan oleh tim manapun juga.

“Di kelas balap bergengsi seperti Formula 1, saya tidak percaya ada tim yang mau memberlakukan team order. Apalagi sekarang masih awal musim 2013,” tegas Ecclestone.

“Misalkan saja ini sudah akhir musim dan jumlah poin Webber serta Vettel hanya beda tipis, saya rasa tidak akan ada yang mengalah. Tapi ada kasus yang membuat seorang pembalap lebih mengutamakan kemenangan rekan setimnya karena alasan suatu hal. Tapi itu ceritanya lain lagi,” ujarnya.

Apapun alasannya, mungkin akan sangat tricky. Tapi dalam regulasi, posisi team order adalah sah. Malah didalamnya disebutkan bahwa itu adalah privasi tim untuk mengatur strategi mereka. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa