Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ferrari Protes, Manuver Vettel di F1 Brazil Saat Yellow Flag!

Bagja - Kamis, 29 November 2012 | 18:47 WIB
No caption
No credit
No caption


Titel juara dunia yang sudah diamankan oleh Sebastian Vettel di seri terakhir Formula 1 Brazil (25/11) lalu, ternyata mendapat protes keras dari tim Ferrari. Bukan karena mobil Red Bull melakukan pelanggaran pada sisi teknis mobil, namun karena Vettel dinilai melakukan manuver dengan menyusul Jean-Eric Vergne, saat display digital bendera sirkuit masih kuning.

Artinya tim Ferrari memprotes Vettel menyusul pembalap lain ketika yellow flag masih berkibar. Namun setelah mempelajari kasus tersebut secara detail, FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) sebagai badan tertinggi balap mobil dunia menilai, bahwa manuver Vettel tidak melanggar regulasi.

Pasalnya meski display digital masih kuning, namun semua marshall sirkuit sudah mengibarkan bendera hijau. Ini adalah masalah selisih pengibaran bendera secara digital dan proses manual dari marshall.

“Kami sudah mempelajari kasus ini, tidak ada lagi yang bisa kami terangkan mengenai ini. Jika Ferrari tidak puas dengan hasil penyelidikan sementara dari FIA, maka Ferrari masih diijinkan untuk melakukan protes hingga hari Jumat (30/11) besok. Itu berarti kami hanya memiliki waktu melakukan banding selama 1 kali 24 jam saja,” jelas juru bicara tim Ferrari.

Meski semua pihak sepakat bahwa Vettel tidak melanggar karena semua marshall sudah mengibarkan bendera hijau, namun jika kondisi terburuk Vettel terbukti melanggar yellow flag, posisinya bisa terancam. Ia bisa melorot ke posisi finish 8 dan Fernando Alonso akan didaulat jadi juara dunia F1 2012 dengan keunggulan 1 poin. Sebab selisih Vettel dengan Vergne yang berada di urutan 8 sebesar 19 detik.

Hmm, apakah ini akan jadi perdebatan baru penentuan pemenang F1 2012? Kita tunggu aksi tim Ferrari. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa