Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lotus F1 Pakai Konfigurasi Knalpot Baru di F1 Korea

Bagja - Rabu, 10 Oktober 2012 | 12:33 WIB
No caption
No credit
No caption


Laga Formula 1 Korea yang akan berlangsung (14/10) di Sirkuit Yeong Am, ternyata akan jadi laga perkenalan konfigurasi knalpot dari tim Lotus F1. Menurut kepala teknis di tim Lotus F1 yaitu James Allison, bahwa zona tersebut punya potensi untuk mengangkat performa mobil.

Meski harus dibatasi dengan regulasi yang melarang pemanfaatan gas buang, untuk mengalirkan udara panas ke diffuser, namun tim Lotus F1 punya cara lain untuk membuat komponen konfigurasi knalpot tersebut berfungsi maksimal.

“Upgrade di bagian ini merupakan maksimalisasi fungsi knalpot, dimana itu punya pengaruh besar pada trek lurus. Sebenarnya konsep desain ini sudah lama kami buat, namun belum yakin akan sejalan dengan konsep komponen lain di mobil ini. Namun setelah melihat hasil sesi tes yang tidak bertabrakan dengan konsep lain di mobil, maka kami siap untuk menggunakannya di F1 Korea,” papar Allison.

“Tapi konsep yang kami usung tidak memiliki efek sedahsyat konsep konfigurasi knalpot di tahun 2011 lalu yaitu blown exhaust. Konsep yang baru tersebut akan menyajikan konfigurasi knalpot baru (menggunakan konsep coanda system), dimana semua bagian knalpot hingga komponen lantai anti api sengaja dibuat agar maksimalisasi konsep berjalan dengan baik,” lanjutnya.

Sementara konsep Double DRS (Drag Reduction System), kabarnya tidak akan jadi mereka gunakan. Namun kesempatan untuk melakukan pengetesan komponen tersebut bakal dilakukan bersamaan dengan sesi pengetesan pembalap muda. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa