Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Strategi Pit Stop, Tim Ferrari Merugi di F1 Kanada

Bagja - Senin, 11 Juni 2012 | 02:27 WIB
No caption
No credit
No caption


Ekspektasi temperatur Sirkuit Montreal, Kanada yang diperkirakan bakal lebih tinggi saat balapan berlangsung pada Minggu (10/6), ternyata benar. Temperatur sirkuit yang lebih tinggi 10 derajat dari sesi latihan dan kualifikasi, memaksa pembalap yang start dari urutan terdepan seperti Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel mengaplikasikan strategi 2 kali pit stop untuk mengganti ban.

Namun tim Ferrari sepertinya cukup yakin dengan penggunaan strategi sekali pit stop saja pada Fernando Alonso. Pasalnya pembalap asal Spanyol itu memimpin cukup jauh di 10 lap terakhir dari Hamilton yang memenangi balapan. Tapi degradasi ban yang sangat cepat membuat posisi Alonso melorot cukup jauh. Bahkan Sebastian Vettel yang melakukan pit stop di 7 lap terakhir pun bisa menyusulnya.

Tentu ini adalah kesalahan yang cukup fatal, sebab kondisi trek berubah jadi lebih panas saat balapan berlangsung. Alonso pun tidak bisa berbuat apa-apa lagi, sebab ia memang tidak bisa mempertahankan posisi dengan performa ban yang cukup buruk. Padahal jika ia melakukan pit stop setelah Lewis Hamilton, mungkin ia bisa meraih podium kedua atau mungkin mengamankan kemenangan kedua musim 2012.

Bukan hanya kesalahan strategi yang dilakukan tim Ferrari dan berakibat pada menurunnya posisi Alonso di klasemen pembalap, namun juga karena Felipe Massa melakukan kesalahan di awal lomba. Mobilnya tergelincir di tikungan pertama dan harus berjuang lagi dari posisi pertengahan. Namun pembalap asal Brazil itu hanya mampu mengamankan posisi finish 10 setelah berjuang keras.

Padahal performa Massa di awal balapan cukup fantastis setelah menyusul Nico Rosberg tanpa menggunakan peranti bantuan seperti komponen DRS (Drag Reduction System). Padahal setelah sesi kualifikasi kemarin, tim Ferrari cukup optimis bahwa pencapaian mereka bakal lebih baik dari pada seri-seri sebelumnya. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa