Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Matic Race di Kota Serang, Disuguhi Tantangan Trek High Speed

billy - Sabtu, 10 November 2012 | 08:47 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Hanya ada 1 titik, di mana pembalap melakukan pengereman. Selebihnya desain trek, memaksa pembalap untuk rolling speed. Itu gambaran yang terjadi pada seri 3 Super Matic Race di Sirkuit Stadion Maulana Yusuf, Serang (4/11).

Okzigen Automotive Event Management mendesain trek, berbeda dengan balapan-balapan yang kerap digelar di trek tersebut. Bila biasanya layout sirkuit dibuat sampai memutari stadion, maka kali ini balapan hanya menggunakan sisi depan dan samping stadion saja.

Bagi H Reza Nurrachman yang jadi pimpinan lomba, dengan layout seperti ini, hasilnya trek jadi berkarakter high speed. “Jadi berbeda dengan seri-seri sebelumnya dan tantangan tersendiri bagi peserta,” jelasnya.

Balap dengan motor matik dan karakter trek yang high speed, tentu jadi lebih mudah bagi pembalap-pembalap yang sudah berpengalaman. “Pastinya sih enggak capek. Tapi dengan kondisi trek yang beberapa diantaranya bumpy, pembalap harus tetap ekstra hati-hati,” papar Ardhy Satya, rider Hatta Rajasa Racing Team.

Lebih lanjut si pemilik nomer start 111 itu bilang, keenakan rolling dan salah memilih sisi trek yang aman bisa bikin motor bersandar di ban pembatas trek.

Bermain di trek yang high speed, mau tidak mau juga membuat mekanik adu ramuan khusus agar skutik settingannya jadi jawara. Tujuan ramuannya tentu agar mesin enggak kehabisan nafas di putaran mesin atas.

Menurut Joko yang jadi mekanik CLD Empush Jet Up Appry Yostar, pakai roller lebih berat jadi cara yang paling gampang. “Tapi juga mesti selaras dengan penggunaan per CVTnya. Kalau rollernya untuk putaran mesin atas, maka settingan pernya untuk kuatin bawah yang dibutuhkan saat start,” tuturnya.

Kalau Joko mau main gampang, maka Rusdy Saleh memilih cara yang lebih rumit. Menaikkan durasi noken as dipilih agar skutik besutan Hendri Nopian dan M. Sani Irawan mumpuni di trek high speed.

“Lebih ribet karena selalu dial ulang untuk menentukan settingan yang pas, namun itu jadi cara yang paling efektif untuk menghadapi situasi seperti ini,” kata mekanik tim CLD Andree Ternate GBU.

Meski trek berkarakter high speed dan di pertengahan balap hujan mengguyur, tapi balapan aman dari insiden.
 (otosport.co.id)

Hasil Lomba
MAtic 115 cc STD PML
1. Hendri Maulana
2. Arie Oktane
3. M. Sani

Matic 130cc STD PML BTN
1. M. Jordy
2. Gunawan PA
3. Diki

Matic 130cc STD PML
1.  Hendri Nopian
2. Yustinus MW
3. Rio Bano

Matic 130cc Open
1. Asep Bedun
2. Ferry Oktane
3. Heru Susanto

Matic 150cc Bore Up PML
1. HAndi MAulana
2. Arie Oktane
3. M. Sani I

Matic 150cc Bore Up Open
1. Ananto Rizka
2. Asep Bedun
3. Ferry Oktane

Matic 175cc Open
1. Bram Prasetya
2. Ardhi Satya S
3. Ferry Oktane

MAtic FFA s/d 350cc Open
1. Bram Prasetya
2. Heru Susanto
3. Rizaludin Sidqy

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa