Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seri 5 ARRC 2012 Taiwan, Kiyonari Jawara Sirkuit Baru

billy - Kamis, 18 Oktober 2012 | 21:36 WIB
No caption
No credit
No caption


Tahun 2012 sudah jelas jadi penentuan antara Katsuaki Fujiwara sebagai juara tahun lalu kelas Supersport 600 cc Asia Road Racing Championship (ARRC) melawan Ryu Kiyonari sebagai newbie di balap kelas 600 cc Asia tapi jawara di British Super Bike (BSB).

Kali ini duel berlanjut di Pen Bay International Circuit, Kaohsiung, Taiwan Selatan yang sama sekali baru karena tahun ini untuk pertama kalinya disinggahi Seri 4 ARRC 2012 sehingga keduanya pembalap Jepang ini punya kans yang sama (13-14/10). Meski Fujiwara punya keunggulan dibanding kompetitornya karena lebih dulu melakukan latihan yang digelar Kawasaki Jepang pada akhir September lalu.

Butuh stamina prima dan skill mumpuni untuk melibas 16 tikungan di sirkuit sepanjang 3.526 meter, bahkan Fujiwara menyebut sirkuit Pen Bay sangat sulit dibanding sirkuit lain dari Sepang, Sentul, Autopolis hingga Losail.

Bentuk sirkuit mirip huruf E dengan banyaknya kelokan kecil terutama mulai tikungan 10 hingga 14 yang melingkar mirip dengan salah satu bagian sirkuit Sentul Karting. “Sungguh susah mendapatkan lap time yang bagus, saya juga mesti ekstra hati-hati di lap awal terutama di tikungan 3 dan 5 karena Fujiwara bisa saja menyalip di situ,” komentar Kiyonari.

Jelas pengalaman di sirkuit kecil selama balap di BSB membuat Kiyonari unggul dari Fujiwara dengan titik pengereman dekat dan rolling speed halus. Tak heran pembalap lain pun ikutan meniru cara balap Kiyonari di Race 2 untuk mendapatkan lap time yang stabil.

“Balapan ini sungguh sulit, setiap lap saat latihan, QTT dan balap menjadi proses pembelajaran, meski saya tak mengerti kenapa saat latihan waktunya lebih lambat dari balap, mungkin menyangkut feeling dan motivasi yang berbeda saat balap,” lanjut Kiyonari.

Meski bisa menang penuh di Taiwan, tapi posisi puncak klasemen Supersport 600 cc masih dipegang Fujiwara yang unggul 16 poin dari Kiyonari sebagai runner-up.

Hasil Balap
Kelas Supersport 600 cc
Race 1
1. Ryuichi Kiyonari
2. Katsuaki Fujiwara
3. Md Zamri Baba
4. M. Fadli
5. Dimas Ekky Pratama
6. Rafid Topan

Race 2
1. Ryuichi Kiyonari
2. Katsuaki Fujiwara
3. Md Zamri Baba
8. Dimas Ekky Pratama
9. Rafid Topan
11. M. Fadli

Total Poin
1. Katsuaki Fujiwara  202
2. Ryuichi Kiyonari     186
3. Md Zamri Baba      156
4. Azian Shah            136
5. Yuki Ito                  92
6. Dimas Ekky Pratama 68
7. M. Fadli                     67

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa