Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Menyiapkan New Jupiter Z1 Untuk Balap

billy - Minggu, 22 Juli 2012 | 07:23 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Lama tak terdengar kabarnya lalu di sela-sela acara launching Yamaha New Jupiter Z1 di Sirkuit Sentul akhirnya mencuat kabar motor pengganti Jupiter Z akan diturunkan untuk balap (10/7).

“Kami akan menyiapkan Jupiter Z1 versi balap dengan teknologi injeksi dengan YZ Power Tuner dan beberapa komponen khusus lainnya untuk turun balap tahun ini,” kata M Abidin, GM Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Informasinya masih samar-samar karena belum jelas akan diturunkan balap apa dan kapan. Dari hasil tanya-tanya akhirnya terkorek informasi soal Rafid Topan yang akan dipercaya sebagai sebagai tester resmi.

“Nanti akan diuji coba untuk Indoprix seri 4 Surabaya, mudah-mudahan bisa bagus,” kata pembalap muda Yamaha yang identik dengan nomor start 50. Ini untuk sekian kalinya Topan menjajal menjajal pengganti Jupiter Z lama, mengingat 2 tahun lalu pun Topan pernah menjajal New Jupiter Z versi karburator di Sentul.


Bedanya jika dulu proyek motor Jupiter Z ini dikerjakan oleh tim internal Yamaha Indonesia lewat koordinasi divisi  motorsport, maka kali ini ganti Hawadis dari bengkel HDS Tanjung Priok yang selalu dengan Topan sejak era MP5 menjadi tuner Z1.

“Untuk sekarang kita baru coba untuk ikut balap, belumlah kalau mau ngomong menang, masih butuh waktu,” kata mekanik asal Bangkalan Madura ini yang menyebut Z1 ini untuk kelas 130 cc. Tapi tentunya back-up teknik dari Yamaha Indonesia ataupun Yamaha Jepang menjadi taruhan agar Jupiter Z1 ini bisa pengganti Jupiter Z lama yang sukses di road race mulai 2005.

Wajar jika tak mematok hasil tinggi karena meski bagian bawah mesin Jupiter Z1 ini serupa dengan New Jupiter Z dengan stroke 57,9 mm tapi kepala silinder Z1 total baru, belum lagi sistem injeksi yang butuh pendekatan berbeda.

Apapun hasilnya nanti di sirkuit tapi setidaknya ini langkah yang harus dilakoni Yamaha untuk menjajal racikan baru Z1 di balap nasional. Silahkan tunggu aksi Topan dan Jupiter Z1 pada bulan Oktober nanti di sirkuit Kenjeran!  (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa