Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Latihan Sprint Reli BSD Sinyal Kebangkitan di Tengah Keterpurukan

billy - Rabu, 23 Februari 2011 | 14:21 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Vakum dan tak jelas, itulah gambaran kondisi reli dan sprint reli saat ini. Padahal banyak yang menyimpan mobil-mobil pacuan tanah tersebut. Beruntung ada trek mumpuni selain di Dawuan, Cikampek, yakni di kawasan perumahan BSD (Bumi serpong Damai) City. Rizal Sungkar mengkoordinir latihan sprint reli (19/2) di lokasi tersebut. Inikah sinyal kebangkitan sprint reli yang telah lama 'tiarap?'

Peserta 22 mobil, beberapa diantara spesifikasi grup N4. Seperti Subaru Impreza yang dibesut oleh pasangan Ryan Nirwan/Alex Ayal, serta dari tim Serge. Ada jugaMitsubishi Lancer Evolution VI grup A yang dipakai oleh Gatot Koco. Mobil-mobil gerak roda 2, depan dan belakang diwakili Suzuki Swift, Proton Satria Neo, Toyota Corolla DX dan bahkan jip.

 

Yang menggembirakan karena sebagian peserta tergolong muka-muka baru. Contohnya Andry Tan. "Saya memang penyuka otomotif sejak lama, tapi baru kali ini benar-benar ikut di dunia balap. Saya berkomitmen untuk terus ikut kegiatan ini karena kalau tidak, percuma dong saya bangun mobil," ucap Andry yang membangun Proton Satria Neo.

Selain Andry, muka baru lain yakni Setiawan Santoso yang menggeber Mitsubishi Lancer GTi. Sebelum menginjakkan kaki di dunia sprint, Setiawan tadinya bermain di trek aspal, seperti mencoba time attack dan balap mobil di Sirkuit Sentul. "Saya benar-benar baru di sprint, bahkan baru kali ini coba. Pengalaman yang sangat baru dan menegangkan karena di trek tanah gripnya enggak kayak di trek aspal. Saya masih suka kagok dengan titik pengeremannya," jujur pria berkacamata ini.

Latihan diisi juga dengan muka-muka yang sudah lama terlihat di dunia sprint reli, seperti Antyo Widianto, Ryan Nirwan, Ronald Nirwan, Lanang Damarjati, dan Alex Ayal. Antyo dalam acara latihan tersebut khusus untuk mempertajam feelingnya. Ditemani dengan navigatornya, M. Herkusuma, Antyo hanya rehat sejenak lalu masuk arena lagi. "Gue memang ingin serius di reli ini. Pokoknya lebih serius dibanding balap lain," ucap pengguna Suzuki Swift ini.

Hadirnya muka-muka baru ditanggapi positif oleh tokoh reli senior. "Harusnya penyelenggara atau PP IMI bisa menangkap ini. Karena kalau dibiarkan tanpa event, muka-muka baru ini akan langsung pergi lagi. Ujung-ujungnya reli sepi lagi," ucap Lanang Damarjati.

Menyadari hal ini, Rizal akan terus mengupayakan latihan bersama di samping event yang sudah terjadwal. Seri pertama Sprint Reli BSD garapan Trendypromo Mandira sendiri akan diselenggarakan 12-13 Maret mendatang. "Mudah-mudahan bisa terus terlaksana, baik event dan latihannya," ucap pria yang percaya kalau hal tersebut terlaksana, sprint reli akan kembali booming. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa