Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

EICMA: Nih Tiga Motor Bikinan Pabrik Sport Car Caterham

Dimas Pradopo - Rabu, 6 November 2013 | 18:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Brutus 750
Italia – Nama Caterham identik dengan produk mobil sport berpenampilan lawas, namun dengan rencananya mengikuti ajang balap motor, Moto2 tahun depan membuat pabrikan asal Inggris ini menjajal kemampuannya membuat motor.

Tak tanggung, tiga motor sekaligus ditampilkan Caterham di ajang EICMA 2013 yang digelar di Kota Milan, Italia. Diantaranya dua motor elektrik, Classic E-Bike, Carbon E-Bike dan motor berpenggerak mesin bakar konvensional berjuluk Brutus 750.

Pada varian Classic E-Bike dirancang berkesan retro seperti namanya. Motor ini memiliki sasis oval dengan tangki menggantung seperti desain motor era 1920-an. Suspensi depannya mengandalkan per springer dan jok mini persis sepeda kayuh. Semakin klasik, terdapat pedal kayuh yang membuatnya juga dapat berfungsi layaknya sepeda konvensional.
No caption
No credit
No caption

Eits, meski judulnya Classic E-Bike tapi nggak harus semuanya kuno lho. Tengok saja rem cakram di roda depannya yang mewakili teknologi motor modern ikut tersemat di sini.

Kendaraan selanjutnya adalah Carbon E-Bike yang diklaim terinspirasi oleh teknologi mobil Formula 1 tim Caterham. Motor listrik ini berpenampilan lebih sporti dengan dukungan sasis kokoh dan suspensi belakang monoshock layaknya sepeda downhill. Uniknya, suspensi bagian depan Carbon E-Bike terlihat besar dengan cangkang karbon.


Terakhir, ada motor Brutus 750 yang diakui sebagai ‘SUV Dua Roda’. Maksudnya, motor yang didesain mantan desainer Lambretta dan Italjet, Alessandro Tartarini ini mampu melaju di medan berat sekalipun layaknya mobil SUV.

Hal ini tampak dari penggunaan ban knobby besar dari Maxxis dan spakbor belakang layaknya motocross. Tak ketinggalan, nuansa kokoh terlihat juga dari aplikasi sasis besar di bagian atas mesin. Tampilan ini malah mengingatkan kita akan motor pantai seperti Yamaha TW200 atau Suzuki Van Van.

Rencananya, Caterham akan memproduksi Brutus 750 tahun depan. Sedangkan dua motor listriknya akan menyusul setahun kemudian. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa