Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Crighton Racing CR700P, Motor Bermesin Rotary!

Dimas Pradopo - Selasa, 8 Oktober 2013 | 12:52 WIB
No caption
No credit
No caption


Inggris – Aplikasi mesin rotary di mobil mungkin biasa, namun lain halnya jika mesin dengan piston berputar itu hadir di sepeda motor. Eits, bukan tidak mungkin, buktinya adalah yang satu ini, CR700P.

Adalah Crighton Racing dari Inggris yang coba mengembangkan mesin rotary pada sebuah superbike. Yup, spesifikasinya memang menyaingi motor superbike, yakni bermesin rotary Rotron 700cc twin rotor, RPC-cooled yang sukses menyembur tenaga hingga 200 dk dan torsi 135 Nm!

CR700P juga dilengkapi transmisi 6-speed dan kopling bertipe Multiplate Slipper Clutch. Selain itu, sasis ringan dan suspensi balap adjustable turut tersemat pada motor berbobot 136 kg ini.

Dari sisi desain, fairing dan bodi CR700P dirancang cukup aerodinamis khas motor balap. Namun suspensi belakang yang besar dan fairing membulat, mirip superbike di awal era 2000-an. Hehee.. Jadi kelihatan jadul ya!

Meski hasil tes di ajang Festival of 1000 Bikes, Inggris beberapa waktu lalu terbilang memuaskan, namun untuk turun di arena balap sesungguhnya CR700P akan terganjal regulasi. Pasalnya sampai saat ini belum ada kelas khusus untuk mengadu motor bermesin rotary.

Sebagai catatan, Crighton Racing yang dikomandoi Brian Crighton telah mencoba aplikasi eksperimental ini sejak tahun 90-an. Namun untuk mendapatkan mesin yang awet, Crighton baru menghadirkannya di CR700P yang telah menganut sistem pendingin udara bertekanan tinggi. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa