Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Detail Foto dan Spesifikasi KTM 1290 Super Duke R, Lebih Buas!

billy - Rabu, 2 Oktober 2013 | 11:20 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Austria - Akhirnya KTM resmi merilis spesifikasi dan foto-foto All New 1290 Super Duke R. Motor naked ini mengusung mesin yang lebih buas ketimbang varian KTM lainnya. Mesin yang dipakai memang mengusung basis yang sama seperti mesin KTM RC8 R dan 1190 Adventure, tapi kapasitas ruang bakarnya lebih besar.

Jika KTM RC8 R dan 1190 Adventure memiliki diameter piston 105 mm dan stroke 69 mm, maka 1290 Super Duke R menggunakan piston yang lebih besar, 108 mm dan stroke 71 mm. Maka kapasitas mesinnya melonjak jadi 1.301 cc. Sedang konfigurasi mesinnya tetap sama, V-Twin 75 derajat.

No caption
No credit
No caption


Performannya, KTM mengklaim motor ini tembus 177 hp  pada 8.870 rpm. Torsinya ada diangka puncak 106 ft-lb. Dari berhenti mencapai keceatan 200 km/jam hanya butuh 7,2 detik saja. Bobot keringnya cuma 189,15 kg. Wow, power to weigh ratio-nya jadi besar. 1 hp lebih untuk 1 kilogram bobot motornya!

Tenang, untuk membantu mengontrol power yang ditransfer, KTM menggunakan sistem drive by wire throttle dan traction control. Selain itu ada juga combine antilock brake system (ABS). Lewat sistem drive by wire, ada beberapa pilihan mode berkendara. Ada mode rain yang membuat tenaga lebih smooth dengan traction control full.

No caption
No credit
No caption


Ada juga street mode yang pas untuk penggunaan harian. Sport mode untuk mengeluarkan tenaga hingga full power juga traction control yang makin sedikit kerjanya. Satu lagi yang baru adalah Supermoto mode, pada pilihan ini ABS hanya berfungsi di roda depan sehingga memungkinkan ban belakang untuk sliding. Traction control dan ABS juga bisa non aktif.

Agar lebih safety, motor ini dilengkapi dengan double disk brake 320 mm dan kaliper model radial Brembo M50 monobloc di roda depan. Suspensi depannya menggunakan up side down 48 mm keluaran WP Suspension.

No caption
No credit
No caption

Fitur lain yang disematkan pada motor ini seperti daytime running lights, single swing arm, pelek die cast juga ban Dunlop Sportsmart. Transmisinya 6 kecepatan dengan slipper clutch. Oiya motor ini memiliki interval service panjang sampai 15 ribu km.

Mantab ya! (motor.otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa