Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MV Agusta Brutale 1090 Dijejali Adjustable ABS

Dimas Pradopo - Sabtu, 23 Februari 2013 | 15:23 WIB
No caption
No credit
No caption


Keluarnya peraturan baru yang dibuat Uni Eropa mengenai penerapan teknologi pengereman canggih Antilock Braking System (ABS) yang wajib digunakan seluruh kendaraan baru berkapasitas mesin lebih dari 125cc mulai tahun 2016 mendatang, direspons dengan cepat oleh pabrikan Italia, MV Agusta.

Salah satu langkah perdananya adalah dengan melengkapi perangkat adjustable ABS pada MV Agusta Brutale 1090 versi empat silinder.

ABS sendiri merupakan salah satu fitur keselamatan, yang mencegah terjadinya penguncian roda saat melakukan pengereman keras, sehingga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi resiko kecelakaan sepeda motor.

Teknologi adjustable ABS ini diaplikasikan pada tiga jenis motor yakni Brutale 1090, 1090 R, dan 1090 RR. Perangkat ini menggunakan komponen canggih dari Bosch 9MP. Keunggulannya, ABS dan Bosch ini lebih ringan dan ringkas.

Unit rem ABS canggih ini bekerja dengan menggunakan data yang didapat dari sensor tekanan internal serta sensor kecepatan roda untuk dapat menghitung jumlah optimal tekanan pada rem untuk mencegah penguncian roda.

Dan istimewanya, teknologi ABS pada Brutale juga dapat dinonaktifkan melalui instrumen cluster control. Pada Brutale 1090 RR disediakan dua mode pengaturan ABS yakni pengendara dapat memilih mode normal untuk pemakaian sehari-hari seperti saat akan digunakan di jalan raya atau jalan umum.

Sedangkan mode yang kedua adalah mode race, yang tepat digunakan di lintasan balap yang membutuhkan pengereman keras dan gaya berkendara yang agresif. Pada pilihan yang kedua ini, sensitifitas ABS-nya akan dikurangi. (motorplus-online.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa