Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gunakan Toolkit Berkualitas, Agar Kembang Mur Tidak Dol

Editor - Minggu, 26 September 2010 | 09:31 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Bagi penghobi otomotif, baik roda dua ataupun roda empat, kerap mengisi waktu luang dengan mengutak-atik besutan kesayangan. Mulai dari memasang part PnP, servis ringan atau sekedar pengcekan kendaraan. Dalam hal ini, tentu peran toolkit sangat mambantu.

Tapi sayangnya, gak banyak yang sadar kalau kualitas toolkit yang dipakai sedikit banyak menentukan kenyaman­an saat mengoprek kendaraan di rumah. “Usahakan pakai kunci-kunci seperti kunci pas atau obeng yang berkualitas. Sebab dalam satu waktu, kunci yang kurang bagus bisa bikin baut slek atau dol,” saran Nasrudin dari toko perkakas Sinar Laut, di bilangan Glodok, Jakpus. Berikut ini beberapa pilihan yang bisa jadi acuan.

No caption
No credit
No caption

Kunci Pas Dan Ring
Di pasaran, beberapa merek yang kerap dipakai bengkel bisa jadi pilihan. Ada labelan Tekiro, American Tool (Am Tool), Maxtop, Crossman, dsb. Sebenarnya masih banyak lagi produk branded lain, tapi untuk kebutuhan non-bengkel, merek tadi sudah cukup mumpuni, bahkan bisa dibilang ‘mewah’.

“Kelebihannya merek-me­rek itu gak gampang bikin baut dol. Beda dengan barang murah yang bila digunakan pada yang keras, bisa bikin kembang baut jadi dol,” ungkap Bambang pemilik toko perkakas Barokah, di bilangan Bintaro, Jaksel.

Intinya ada pada bagian gap kunci. Bila dimasukkan mur, jarak antara badan kunci yang bersentuhan dengan mur atau baut harus rapat. Kalau longgar, sudut mur atau baut akan termakan badan kunci yang akhir­nya bikin bagian topi slek.

Nah, bila ingin membeli kunci berkualitas tanpa tahu mereknya, tak ada salahnya bawa satu baut atau mur untuk mengukurnya. Setelah diukur (dipasin dengan mur), kunci pas atau ring tersebut terlalu oblak dengan mur, sebaiknya jangan dibeli.

Untuk jangka panjang, kunci berkualitas juga gak mudah berkarat. Itu lantaran beberapa kunci dibuat dengan bahan chrome vandilum. Salah satunya bisa dijumpai pada merek Am Tool.

Soal ukuran, tergantung kebutuhan. Namun ka­lau hanya untuk kebutuhan hobi, tak perlu sampai selengkap bengkel. “Utam­nya pilih kunci dengan kombinasi pas dan ring,” sahut Hendi dari bengkel Ber­kat Motor. Sedang untuk ukuran, se­diakan ukuran 8, 10, 12, 14, 17 dan 19. Khusus untuk yang 8, 10, 12 dan 14, sediakan dua buah agar dapat di­gu­nakan secara ‘kontra’ seperti saat mem­buka as roda.

Tabel: daftar harga


Merek
Ukuran
Harga
Am Tool
Ring pas 10
12.500

Ring pas 12
13.600

Ring pas 14 17.000
Bacho
Ring pas 10 27.500

Ring pas 12 31.000
Crossman
Ring pas 10 32.500

Ring pas 12 38.000

Ring pas 17 55.500
Tekiro
Ring pas 10 12.500

Ring pas 14 15.000

Ring pas 17 18.000

Ring pas 21
25.000
Maxtop
Ring pas 12 22.500

Ring pas 14 27.500

Ring  10-12 19.500

Ring 17-19
34.500

Pas 14-17
25.500
Tekiro
Set 8-24
184.000
Lippro
Set 8-24 175.000
Jason
Set 8-24 350.000
Jonnesway
Set 8-24 350.000

 

No caption
No credit
No caption

Obeng
Tools satu ini punya dua jenis bentuk yang kerap disebut obeng kembang dan obeng min/minus. Keduannya sama-sama penting, walau pada praktiknya, obeng kembang lebih sering digunakan dibanding obeng min.

Eits, tapi jangan salah, obeng min juga berguna buat hal-hal lain seperti mencungkil benda-benda yang sulit terjangkau dengan jari. Untuk pilihan merek, di pasaran ada brand Lippro, Stanley, Prohex, Nixon, Cadik sampai Jonnesway.

Untuk jenis obeng, gak ada spe­si­fikasi khusus. Namun yang pasti Hendi mengatakan, sesuaikan ukuran ‘kembang’ dengan baut yang ingin dibuka. Kalau ukuran ‘kembang’ terlalu kecil, bisa bikin baut rusak. Kalau sudah begini, satu-satunya cara membuka baut yakni dengan cara diketrik yang notabennya merusak baut sekaligus memakan waktu.

Soal fitur, beberapa merek obeng sudah dilengkapi dengan megnet. Tujuannya agar baut dapat dicantumkan pada obeng sebelum dipasang pada drat yang posisinya sulit terjangkau oleh tangan.

Tabel: daftar harga
Merk Harga
Stanley 38-73 ribu
Prohex 21-18 ribu
Nixon 10-20 ribu
Jonnesway 36-70 ribu
Lippro 17-29 ribu

 


Tang
Jenis alat satu ini sangat beragam pula di pasaran. Sebut saja tang biasa, tang jepit, tang buaya dan tang potong. Tiap jenis punya fungsi yang berbeda. Tapi khusus tools rumahan, sediakan tang biasa.

Karena fungsinya amat bergantung pada tangan pe­ma­kainya, sebaiknya pilih tang yang punya handle yang nyaman saat dipakai. Kebanyakan tang hanya bergagang besi atau plastik. Alangkah nyaman jika memilih grip terbuat dari karet karena enggak licin.

Soal fitur, tersedia tang yang dilengkapi pemotong yang dapat dipakai untuk memotong kabel hingga kawat besi. Selain itu, ada juga tang yang bisa di-adjust sudut bukaannya. Bila ingin menjepit benda yang agak besar, tinggal pindahkan klip sehingga tang akan ‘menganga’ lebih lebar.

Di pasaran merek tang juga beragam. Ada produk Ace Hardware, Santus dan Bolin. Selain itu, jangan lupakan juga aspek material bahan. Pilih tang dengan bahan yang antikarat. Sebab kalau enggak, lama-kelamaan gerak engsel tang akan keras atau malah tak bergerak sama sekali alias kaku.

Tabel : daftar harga
Merek Harga
Krisbow 125-137 ribu
Santus 32-41 ribu
Bolin 15-20 ribu

Penulis/Foto: Atenx / Atenk

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa