Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Part Performa CVT Suzuki Skywave (Bag.2)

Editor - Kamis, 30 September 2010 | 19:18 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Big Pulley
No caption
No credit
No caption

Gigi Reduksi

Kampas sentrifugal high performance juga merupakan salah satu part yang bisa mendongkrak akselerasi. Efeknya cenderung untuk menghilangkan slip kopling

OTOMOTIFNET - Setelah roller dan per CVT, part kompetisi lain untuk Skutik Suzuki yang mudah ditemui adalah big pulle dan belt. Langsung aja simak liputannya.

Big Pulley

Bila ingin berlanjut mengaplikasi big pulley, produk yang bisa ditemui di pasaran untuk Skywave antara lain TDR dan KTC. Banderol masing-masing sekitar Rp 400 ribu (TDR) dan Rp 350 ribu (KTC). Sasaran pamakaian peranti ini guna menciptakan variabel bukaan puli yang lebih banyak dan minim slip pada belt.

“Berdasarkan pengalaman saya yang sudah mencoba dua produk ini, paling sip buat ningkatin akselerasi dan top speed yakni bikinan TDR. Kualitasnya lumayan bagus. Tidak bikin roller cepat tergerus,” tukas Gokur.

Belt

Gokur menyarankan sebaiknya tetap pakai produk genuine SGP dengan nomor part 27601B-46G10N-000. Pilihan aftermarket-nya sih ada seperti Daytona, TDR, Bando dan Mitsuboshi, “Tapi paling awet belt aslinya,’ bilang Kurniadi.
Kemudian untuk kopling sentrifugal, ia dan rekan-rekan sempat melakukan riset pakai sentrifugal milik Kymco. Hasil cukup ampuh dan mampu mengurangi efek selip yang dapat menimbulkan vibrasi.

Gigi Reduksi

Peranti penerus daya ke roda setelah CVT ini juga kerap jadi incaran penggantian. Soalnya gigi reduksi (GR) ibarat sproket di motor bergigi. Untuk mendapatkan akselerasi yang diinginkan, bisa memainkan perbandingannya.

Nah untuk Skywave, rasio GR mengusung perbandingan 14/53 (3,7857). Sementara Spin mengusung perbadingan 13/45 (3,4615). Bila ingin diperberat guna mengejar top speed yang lebih tinggi, bisa aplikasi perbandingan yang lebih berat.

Misal pakai 14/41, 14/42, 14/43 atau 14/45. “Namun penggatian final gear yang lebih berat biasanya dilakukan setelah performa mesin ditingkatkan.

Kebanyakan pada motor bore-up, agar akselerasi di putaran bawah hingga atas bisa tetap cepat. Produk yang bisa diaplikasi antara lain merek Shinsuken yang bisa dicari di toko Shinshuken di Kebeon Jeruk 9. Banderolnya satu set sekitar Rp 650 ribu.

Penulis/Foto: DiC / Johan, KLX, Salim, Johan

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa