Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Part Performa CVT Suzuki Skywave (Bag.1), Lengkap Tinggal Pasang!

Editor - Kamis, 30 September 2010 | 16:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET -  Dari beberapa surat elektronik yang kami terima, banyak pemilik skutik Suzuki yang curhat soal masalah yang dihadapi hingga berkeinginan meningkatkan performa motornya. Paling sering yakni Skywave 125. Nah, di sini kita kupas tuntas part-part apa saja yang bisa diaplikasi.

Oh iya, sebagian besar komponen pendongkrak performa ini sudah pernah diuji langsung lo, oleh komunitas Skywave yang tergabung dalam Skywave Owner Club (SOC) Jakarta. Berikut penurutan Kurniadi Susilo, salah satu anggota SOC.

No caption
No credit
No caption

Roller

Per cvt

Roller

“Pada bagian CVT, yang umumnya paling sering diutak-utik pemilik Skywave adalah menukar roller,” tutur Gokur, sapaan akrab Kurniadi. Di pasaran ada beberapa produk bisa diaplikasi. Tapi sebelum mengganti, Gokur menyarankan untuk memahami dulu efek yang nanti akan ditimbulkan setelah mengaplikasinya. Begini.

Penggunaan roller lebih ringan dari standarnya (15 gr) memang bisa membuat akselerasi jadi lebih enteng. Tapi dampaknya top speed bakal menurun. “Sebaliknya roller yang lebih berat bisa membuat top speed bertambah, namun akselerasi motor jadi lambat atau berat. Sebaiknya bila menggunakan roller berat, mesin sudah ditingkatkan dulu performanya. Misalnya dibore-up atau stroke-up,” terangnya.

Produk roller untuk Skywave yang ada di pasaran antara lain LHK mulai ukuran 6 – 15 gram. Per buahnya Rp 15 ribu, sedang 1 set (6 piece) Rp 90 ribu. Lalu ada pula bikinan TDR mulai 10 – 18 gram yang dijual per satuan Rp 20 ribuan. Sementara produk KTC yang tersedia mulai 8 – 18 gram dijual per setnya Rp 75 ribu.

Per Cvt

Biasanya penggantian roller kerap dibarengi dengan menukar per CVT pakai yang lebih keras. Tujuannya untuk mendapatkan efek bukaan movable driven face yang tidak terlalu cepat. Sehingga akselerasi di putaran bawah hingga tengah bisa lebih cepat dari standar.

Untuk part ini, Skywavemania bisa mengandalkan punya Honda Vario. Selain tingkat kekerasannya lebih tinggi dari bawaan Skywave, harganya juga tergolong murmer, yaitu hanya Rp 15 ribu.

“Bisa juga para produk aftermarket kayak Kawahara dengan spek 1.500 rpm atau 2.000 rpm. Atau KTC yang terdiri dari 1.000 rpm (kuning), 1.500 rpm (biru) dan 2.000 rpm (merah),” imbuh Gokur.

Penulis/Foto: DiC / Johan, KLX, Salim, Johan

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa