Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Part Substitusi Yamaha Jupiter MX 135, Harga Lebih Terjangkau

Editor - Rabu, 25 Agustus 2010 | 08:37 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Dalam kondisi tertentu, ada kalanya kita memanfaatkan part alternatif pada tunggangan kesayangan. Contoh saat stok di pasar lagi kosong atau karena memang kondisi keuangan lagi enggak memungkinkan untuk beli aslinya yang berbanderol mahal.  Padahal motor dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Masak mesti nunggu berbulan-bulan sampai punya duit.

Seperti pada Yamaha Jupiter MX, bebrapa ‘onderdil’, bisa mengadopsi dari milik motor lain atau mengandalkan komponen dari satu ATPM. Oh ya, keistimewaaan lainnya, selain (kadang kala) harga lebih terjangkau, juga kualitasnya lebih oke. Berikut ini beberapa peranti yang bisa disubstitusi

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Kampas Rem
“Buat bagian depan, bisa pakai milik Mio Soul,” ungkap Andi Kristanto dari bengkel Keong Racing di Jl. Gotong Royong No.32, Kampung Lembur, Makassar. Banderol lebih murah dari aslinya (Rp 85 ribu), punya Soul dijual Rp 75 ribu (gbr.1).

Di belakang? “Bisa mengandalkan milik Yamaha RX-King (gbr.2),” sambung Andi. Selain itu menurutnya daya tahannya juga enggak perlu diragukan lagi. Soal banderol, pastinya lebih murah. Karena cuma dijajakan Rp 48 ribu.

Kampas Kopling
Kalo emang aslinya udah aus dan perlu diganti, ada kampas kopling milik ‘motor tetangga’. Maksudnya, bisa mencomot dari Honda Karisma. Bentuknya sama persis, selain itu profil kampasnya juga lebih tebal, jadi lebih awet dan tahan lama (gbr.3).

Emang sih, soal harga agak lebih mahal. Sebab milik Karisma dibanderol  Rp 125-140 ribu per empat buah. Sedang bawaan pabrik Yamaha MX dihargai Rp 75-80 ribu per buah.

Per Kick Starter

Bentuknya sih emang  imut, tapi bisa bikin jengkel juga kalo udah mulai loyo atau rusak. “Pemicu peranti ini rusak karena umur pemakaian dan juga terlalu kasar sewaktu menghidupkan mesin dengan  mengengkol,” ujar Andi lagi.

Apesnya, mencari pengganti benda ini enggak semudah merusaknya lo, heheh.. solusinya gampang, bisa gunakan milik Suzuki Smash (gbr.4). Harganya pun dibanderol Rp 7.500, sedang milik Jupiter MX Rp 13 ribu.

Penulis/Foto: Kadafi / Teguh, Kadafi

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa