Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perhatikan Safety, Saat Aplikasi Pelek Jari-Jari Untuk Scoopy

Editor - Jumat, 6 Agustus 2010 | 07:49 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Pesona pelek jari-jari atau spoke wheel (SW) memang punya daya pikat tersendiri. Apalagi bagi penyuka tampilan retro seperti yang dianut pada motor terbaru PT Astra Honda Motor (AHM); Honda Scoopy 110.

Walau sudah dibekali pelek dengan best grade dari pabriknya, namun enggak sedikit para calon pembeli Scoopy membayangkan tampilan dengan pelek jari-jari. Tapi sayang, perlengkapan khusus lingkar roda buat Scoopy belum banyak beredar di gerai aksesori.

Namun begitu, Ari Widianto dari GMotor mengatakan, khusus Honda Scoopy, bisa pakai teromol set aftermarket Honda BeAT atau Vario (gbr.1). “Konstruksi teromol depan belakangnya mirip, kok! Jadi tinggal pilih lingkar pelek sesuai selera,” jelasnya.

Nah lingkar pelek yang direkomendasi Ari untuk Scoopy jelas yang ukurannya sesuai standar, yakni ring 14. Tapi kalau mau tampilan yang sedikit berbeda, skutik unik itu masih sanggup dijejali lingkar pelek ring 16 (gbr.2).

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2

Sedang untuk ukuran pelek ring 17 (gbr.3), sangat tidak dianjurkan. Bukannya gak muat lo, tapi lebih pada unsur aplikasi dan safety! Sebab, kalau aplikasi pelek ring 17 menuntut ukuran ban yang kecil seperti ukuran 2,00.

Kalau aplikasi ban lebih besar dari ukuran yang dimaksud, kemungkinan besar permukaan ban akan bersinggungan dengan cover deck bagian depan yang posisinya tepat di belakang ban.

No caption
No credit
No caption

Gbr 3

No caption
No credit
No caption

Gbr 4

Sedang dari segi safety, ban ukuran 2,00 rata-rata memiliki lebar tapak ban ke aspal sekitar 4 cm. “Nah dengan tapak segitu, jelas kurang ideal untuk penggunaan harian!” seru pria yang punya workshop di daerah Rempoa, Jaksel ini.

Oke balik ke ukuran ideal ya! Nah untuk ring 14, pilihan ban dan pelek sangat banyak di pasaran. Buat penyuka pelek lebar, bisa jejali ukuran 1,85-2,15 inci. Sedang untuk pilihan ban, angka pelek di atas match dengan ban berprofil agak tipis, pilihannya seperti 80/80, 90/80, 2,50 dan 2,75 (gbr.4).


Gbr 5

Sedang untuk ring 16, memang enggak banyak pilihan ban yang bisa diaplikasi. Mengingat ukuran ring yang sudah membesar, otomatis profil ban yang dipakai harus lebih tipis dari ukuran standar, seperti 2,25 atau 70/80. Masalah lebar pelek bisa pakai ukuran 1,40 atau 1,60.

Terakhir, jangan lupa bagian jari-jari. Masalah tipe, untuk spek harian jari-jari berbahan stainless punya grade teratas. Mau tampil beda di bagian jari-jari? Silakan aplikasi jari-jari model rapat.

Banyaknya jari-jari berjumlah 72 buah/pelek (gbr.5). Itu artinya, lubang di bagian bibir teromol juga harus ditambah dengan cara dibor. Dengan cara ini, dijamin tampilan pelek Scoopy bakal pol retro-nya.

Daftar belanjaan:
Pelek ring 14 dan 16: 200-500 ribuan / pelek
Jari-jari: 15-50 ribu / pelek
Teromol Vario / Beat set : 275 - 350 ribu
Ongkos pasang: 20 - 40 ribu
Modif teromol jari-jari 72: 100-150 ribu

F16 Motor: 021-73446678
Matic Shop: 021-68835990

Penulis/Foto: Atenx / Dolok

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa