Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Side Stand Switch di Skutik

Editor - Senin, 26 Juli 2010 | 08:36 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Aduh! Serem ya? Tetapi ini soal mesin yang bisa mati kala tunggangan masih berdiri. Enggak bisa dipakai, dong! Sabar dulu, ini salah satu fitur keselamatan berkendara kok, terutama pada skutik yang tinggal pelintir gas lalu bisa ngacir.

Jadi idealnya, saat menghidupkan skutik tentu harus diposisikan dulu dengan standar tegak agar roda belakang terangkat. Sehingga, kala mesin hidup dan gas diputar roda yang bergasing pun tidak menapak jalan.

Sebaliknya, ketika posisi skutik berdiri dengan standar samping, harus tidak bisa dihidupkan. Bayangkan kalau bisa hidup, roda belakang pun langsung berputar dan tunggangan akan melaju. Berbahaya sekali. 

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 1

Gbr 1

Makanya pada beberapa skutik sudah dilengkapi pengaman, yaitu side stand switch (3S), sehingga ketika standar samping ini dalam posisi turun, maka mesin tidak bisa dinyalakan (gbr.1).

Namun, masih ada yang belum dilengkapi peranti keselamatan seperti ini. Seperti pada Suzuki Spin maupun Yamaha Mio. Sehingga penggunanya mesti harus memastikan posisi standar dua kaki sedang menopang skutik sebelum dinyalakan (gbr.2).

Lalu skutik tanpa pengaman standar samping tadi bukannya tinggal berpangku tangan. “Bisa saja diaplikasi dari peranti skutik lain,” jelas Aldhie Dhornaldy, dari BRS di kawasan Kalimalang, Jaktim. Misalnya menggunakan sakelar dari Suzuki Skywave atau pun milik Honda Vario.

Tentu, sebelum mengaplikasinya, perlu mengetahui dulu apa sih kerja sakelar ini? Utamanya, sakelar ini sebagai pemutus arus dari kunci kontak melalui switch rem depan dan belakang ke brake lever relay dan side stand relay ke CDI. Seperti pada skema (gbr.3).

Efeknya, ketika kunci kontak diposisikan ke ON dan seperti umumya skutik, motor starter bisa aktif jika tuas rem, baik depan dan belakang ditarik, belum tentu bisa menyalakan mesin, karena arusnya ke CDI dan relay sakelar rem terputus dari side stand switch.

Sekarang tinggal memasangnya. Sambunkan saja ketiga kabel, pertama kabel positif menuju CDI, lalu kabel ground dari relay rem digabung ke ground side stand switch (gbr.4), serta satu kabel lagi, kabel positif dari kontak. Sekarang, skutik pun sudah dilengkapi pengaman baru.


Penulis/Foto: Ben / Johan, Salim

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa