Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Head Lamp Proyektor Di Bajaj Pulsar 180

Editor - Kamis, 1 Juli 2010 | 07:13 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Dari sononya, sinar lampu utama Bajaj Pulsar 180 DTS-i sudah terang. Namun, di saat curah hujan sedang deras agak sedikit menggangu pandangan ke depan. Sebenarnya cahaya ini bisa diup-grade dengan cara mengganti bohlam lama dengan model proyektor seperti di mobil pada umumnya.

“Jika hanya mengganti HID bisa bikin pengendara lain silau. Tapi kalau pakai model proyektor, sorotan cahaya lebih fokus dan sinarnya lebih tebal,” kata Kiki ‘Juki’ Goestiawan dari Joery Racing.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Lainnya, tidak mengurangi kaedah dari lampu. Maksudnya, sinar lampu jarak dekat dan jauh tetap berfungsi karena terdapat motor elektriknya. Komponen seharga Rp 5,5 juta dan sudah termasuk HID kit-nya berlabel Vision ini akan menarik penutup yang ada di depan reflektor. Jika penutup ini terbuka, sinar lampu makin terang dan jauh.

Kalau begitu, kita langsung pasang deh. Pertama kita ngumpulin peralatannya, yaitu obeng kembang, obeng min, ring 10, lem akuarium, pengering rambut. Sudah? Gunakan standar tengah sebelum proses pengaplikasian.

Pertama, kendurkan dan lepas 6 baut pengancing cover spido dengan obeng kembang (gbr.1). Lalu tarik cover spido dan lepas semua soketnya. Terus copot 10 baut pengikatnya; 4 baut ada di batok lampu, 2 baut dudukan batok, 2 baut dudukan pelat nomor dan 2 baut di dalam batok. Masing-masing gunakan kunci ring 10.

Nah, sekarang proses pemasangan komponen proyektornya (gbr.2). Sebelumnya lepas dulu mika lampu dari dudukannya, pakai obeng min dan pengering rambut. “Caranya, atur jarak hairdryer dan arahkan ke lem mika di batok agar lem itu mencair. Lalu cungkil sedikit-sedikit dengan obeng min. Tapi jangan terlalu dekat hairdryernya ke mika, bisa meleleh,” wanti Juki.  

Jika mika sudah lepas, aturan selanjutnya melepas bohlam lamanya berikut rumah lampu dan soketnya. Gantinya, Juki sudah bikin braket lampu proyektor khusus untuk pemilik Bajaj Pulsar 180.

Berikutnya, memasang pelat tambahan yang berfungsi menahan proyektor. “Tapi setelah posisi proyektor sudah terpasang. Pelat ini untuk menjepit rumah proyektor supaya gak goyang karena diikat dengan dua baut plus di kiri kanan pelat,” terangnya sambil memberi contoh (gbr.3).

Karena sudah pas dan tidak goyang, sekarang pasang kembali mika lampu. Lem lamanya mesti dibersihkan dulu dan lapis ulang dengan lem akuarium yang sesuai dudukan mika (gbr 4). “Kalau masalah HID sih tinggal colok ke soket lampu. Jangan lupa atur letak ballast yang pas agar tidak mengganggu kemudi,” pesannya.

Penulis/Foto: Pidav / Pidav

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa