Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Kem Racing V-Ixion, Durasi Jangan Terlalu Jauh Dari Standar

Editor - Jumat, 11 Juni 2010 | 08:36 WIB
Mesin V-Ixion juga dipakai di generasi New V-Ixion Lightning dan All New V-Ixion
Istimewa
Mesin V-Ixion juga dipakai di generasi New V-Ixion Lightning dan All New V-Ixion

OTOMOTIFNET - Salah satu kuncian me­ngatrol tenaga pada motor 4 tak ada pada camshaft alias kem atau noken as. "Karena noken as merupakan pengatur masuknya campuran bahan bakar dan udara ke ruang bakar, dan juga mengeluarkan sisa pembakaran," urai Robert Cong, dari PT Global Motorindo.

Dengan pengaturan yang tepat, baik durasi maupun lift, maka tenaga bisa dikatrol lebih tinggi. "Hal tersebut karena kerja noken as berhubungan erat dengan efisiensi volumetrik (EV), nah tenaga secara garis besar ditentukan oleh EV," lanjut pria yang berkantor di Jl. Letjen Suprapto, No. 60, Galur, Jakpus. Makin tinggi EV, tenaga yang bisa dihasilkan makin besar.

Biar EV meningkat, bisa dilakukan dengan memperlama durasi atau menaikkan lift kem. Hanya saja yang perlu dicatat, untuk pemakaian harian kenaikannya jangan terlalu jauh dari standar. "Karena semakin tinggi, kompresi aktualnya turun, bisa jadi tenaga malah jadi lemot," lanjut distributor CDI Rextor ini.

Makanya pemilihan noken as mesti didasarkan pada penggunaannya. Kalau mau enak untuk harian, cari yang tak terlalu jauh dari standar. Beda jika motor digunakan untuk balap, biasanya baik durasi maupun lift yang diterapkan lumayan tinggi.

Beruntung di pasaran ada beberapa pilihan. Dari 280º, 285º, 330º. "Sedang standarnya 260º," terang Fidelis R. dari Fidel Motor Sport, salah satu spesialis V-Ixion. Nah untuk harian cukup pilih yang 280º atau 285º.

Selain durasi, lift juga perlu diperhatikan. Cari juga yang tak jauh dari standar, karena jika terlalu tinggi, per klep belum tentu mumpuni, bisa-bisa malah floating. Juga mesti mencoak piston agar tak benturan.

Jika sudah memilih, tinggal dipasang. "Plug & play lo, tak ada yang diubah, paling cek ulang setelan klep," ujar Jap Sun Kin, pemegang kem merek WRD. Masih menurutnya, jika telah terpasang perlu dilakukan penyetelan CO.

"Apalagi rata-rata pemakai noken as aftermarket sudah ganti knalpot, kalau tak disetting maka putaran bawah sampai menengah kekeringan, terasa tak bertenaga," lanjutnya. Maka dari itu, CO perlu di-setting ulang pakai FI Diagnostic Tool.

Oh iya, selain kem aftermarket yang tersedia di pasaran, ada juga yang custom. "Dibuat dari kem mentah, kita desain kalau untuk harian berdurasi 285º, sedang lift jadi 5,8 mm atau lebih tinggi 0,7 mm dari standarnya," papar Fidel, sapaan Fidelis.

Fidel memberi saran, jika ingin noken as awet, cermati kualitas oli, dan jangan lupa rutin ganti tiap 2 ribu km.

Selamat memilih!

Kawahara: Rp 350.000
Rudi Jaya Motor: 021-93339259

CLD: Rp 350.000
Dodo Racing: 021-73456555

WRD: Rp 350.000
WRD: 0812-18078911

FMS: Rp 500.000
FMS: 0856-9805563

Penulis/Foto: Aant / Aant

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa