Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pelat Nopol LED, Ciamik Dengan Pantulan Sinar

Editor - Senin, 3 Mei 2010 | 06:51 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Membuat tampilan motor kesayangan makin ganteng bisa dari pelat nomor polisi (nopol). Sebenarnya hal ini bukan sama sekali baru, karena sebelumnya pelat nopol sudah bersolek dengan stiker scothlite.

Sekarang era lampu LED (Light Emitting Diode) sehingga pelat nopol pun makin ciamik dengan pantulan sinar putih atau biru dari sisi atas pelat nomor.

ANGKA DAN HURUF AKRILIK

“Awal tren dimulai dengan pelat nopol biasa yang ditembak lampu LED, kini angka dan huruf pun dibuat tiga dimensi,” jelas Nico Artono, juragan Trims One di bilangan Parung, Bogor.

Idenya simpel. Karakter mika atau akrilik yang mampu membias cahaya lampu dipakai sebagai media buat menampilkan efek 3 dimensi. Tiap angka dan huruf dibuat ulang pakai akrilik untuk kemudian ditempel di atas pelat nopol (gbr.1).

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Efeknya pun jelas. Saat cahaya lampu LED memancar ke seluruh permukaan pelat nomor polisi, angka dan huruf tadi ikut berpendar cahaya. “Kita menyebutnya dengan starter kit angka sebagai tambahan paket,” tutur Nico lagi. Untuk itu perlu kreativitas dalam merakit pelat nomor polisi bawaan motor.

Pelat nomor yang sudah kusam dicuci agar bersih, lalu dicat ulang pakai warna hitam metalik atau glossy (gbr.2). “Ini dimaksudkan agar cahaya LED bisa maksimal,” jelas Nico yang sebelumnya berprofesi sebagai mekanik pesawat terbang ini.

Setelah kering langsung tempel angka dan huruf akrilik tadi satu per satu dengan double sided tape. Lakukan dengan cermat dan hati-hati agar susunan angka dan huruf bisa serasi. Setelah rampung, segera siapkan rumah lampu LED.

Pasang pelat nomor pakai double sided tape dan dilanjut dengan menutup cover pelat nomor yang juga berbahan mika bening (gbr.3). “Lumuri pinggiran cover mika dengan silicone sealant agar air dan kotoran tidak masuk,” tutur Nico. Harap diingat, untuk tidak segera melepas kertas pelapis cover mika agar proses sealant bisa rapi.

Terakhir, membuat sambungan kabel sebagai sumber listrik LED. Caranya adalah menghubungkan kabel lampu LED dengan kabel plus (setrum) lampu spidometer (gbr.4). Sementara untuk kabel negatif (masa) bisa langsung sambung ke bodi. Bermodal Rp 150-200 ribu, pelat nopol langsung mantaf bak neon sign..!

Alamat:
Trims One LED Jl.Raya Parung No.6 Bogor 0817-781214
Auto Care Center: Jl.Karangsari No.9 Bandung 022-2035319
Laksa Motor Station: Jl.Karet Pedurenan No.100 0817-6886889


Penulis/Foto: Kl:X / KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa