Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Oil Cooler Tambahan Ninja 250R Usir Deman Di Kemacetan

Editor - Selasa, 20 April 2010 | 11:26 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Upgrade performa membuat demam (panas,red) mesin Kawasaki Ninja 250R. Jika panas mesin masih dalam kisaran suhu kerja tak jadi masalah. Bahayanya jika melebihi alias overheat, misal saat terjebak kemacetan.

"Efeknya tenaga mesin drop, bahkan bisa bikin kepala silinder melenting," terang Tomi Bramudia, dari bengkel Ngayun Speed (NS), spesialis Ninja 250R di Jl. Panjang, Jakbar.

Masih kata Tomi, bila memang hal itu yang terjadi, maka mau tidak mau tunggangan mesti ‘rawat inap’. Lalu siapkan saja dana lebih untuk pemulihannya.

Widiih, efek demamnya ngeri juga ya? Tapi enggak usah khawatir, sobat-sobat di NS sudah punya solusinya. Caranya, memasang oil cooler. Tambahan peranti ini, akan membuat oli didinginkan terlebih dahulu sebelum kembali bersirkulasi. Efeknya suhu mesin bisa turun. Kaidah lainnya kemampuan oli untuk melumasi akan tetap maksimal.

Ingin pasang juga? Pertama tebus oil cooler berikut slangnya, salah satu pilihannya Ngayun Speed Product (NSP) ini (gbr.1), ditawarkan Rp 1,25 juta sudah berikut dudukan dan slang.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Pasangnya, pertama dinginkan mesin biar tangan enggak melepuh. Selanjutnya buka fairing kanan-kiri pakai kunci L-4, L-5 dan L-6.

Lalu kendurkan baut soket sensor suhu pakai obeng kembang, agar kabel tidak melintir saat baut diputar, sebelumnya mesti menyingkap tutup karetnya.

"Baru lepas sensor suhu tersebut, yang sekaligus pengikat slang pakai kunci pas 17 (gbr.2)," terang Abdul Rohim, mekanik NS.

Lepas juga ujung slang satunya yang berada di kepala silinder, pakai kunci ring 12 (gbr.3). Setelah terlepas, baru deh pasang slang oil cooler-nya pakai kunci yang sama. Jangan lupa soket sensor suhu dipasang kembali. Oh iya, pegangan oil cooler ikut pada baut dudukan radiator yang bawah (gbr.4).

Suhu oli yang sudah lebih dingin setelah melalui oil cooler, bisa menekan suhu panas pada mesin Ninja 250R.

Ngayun Speed: 0818-737101

Penulis/Foto: Aant / Aant

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa