Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Scorpio Pakai Headlamp V-ixion, Penting Bagi Peturing!

Editor - Rabu, 17 Maret 2010 | 10:50 WIB
No caption
No credit
No caption

 

OTOMOTIFNET - Sebagai anak klub SRC (Scorpio Riders Community), Bambing Sutomo yang akrab disapa Mbah Jambrong ini selalu menghabiskan waktu libur dengan teman-temannya. Tak tanggung-tanggung, dia kerap turing ke luar kota, bahkan sampai ke luar pulau, lo.

Setiap turing, pria yang tinggal di daerah Sawangan Depok, Jabar ini selalu berangkat malam hari. Makanya, Bambing butuh penerangan dari headlamp yang mumpuni. “Maklum berangkat malam hari risikonya gede. Kan hari sudah gelap. Jadi perlu cahaya lampu maksimal,” kata pemilik Yamaha Scorpio-Z keluaran 2004.

Buat mewujudkan keinginannya itu, pria berkumis ini membawa besutannya ke bengkel Aurel Tila Motor (ATM) di Jl. Raya Tanah Baru No.6, Beji Depok, Jabar. “Udah enggak bisa ditawar deh, kalo doyan jalan malem, lampu utama emang harus paten,” sebut Bimo Hartanto, mekanik ATM.

Cuma ya itu, penerang utama milik Scorpio saat dipakai turing ke luar kota kurang tajam dan terang. Makanya, mau enggak mau harus diganti yang lebih fokus dan benderang. “Caranya, ya dengan mengaplikasi headlamp punya V-Ixion (gbr.1),” anjur Bimo.


Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3
No caption
No credit
No caption

Gbr 4

Masih kata Bimo, apalagi jalan di luar kota saat malam sulit diprediksi dan fasilitas lampu jalanan juga agak minim. “Eh iya, ganti pakai lampu Vixie tak cuma karena cahayanya terang, lo. Tapi juga terkesan modis,” tambah mekanik ramah ini.

Lantas, kenapa penerang Vixie daya pancarnya lebih jauh dari milik Scorpio? “Sebab garis-garis reflektornya juga lebih rengang (gbr.2). Alhasil pantulan cahayanya selain lebih tajam, luas dan bulat,” bebernya lagi.

No caption
No credit
No caption

Gbr 5

 

 

 

 

 

 

 

 

Oke untuk menebus headlamp Vixie, cukup rogoh kocek Rp 400 ribu. “Itu sudah termasuk ongkos pasang,” promosi ayah dua anak ini. Mau tau cara gantinya? Yuk lihat Bimo praktik di kuda besi kesayangan Mbah Jambrong.

Sebelum dibongkar siapkan dulu perkakasnya; kunci L-8 dan obeng plus. Pertama, Bimo membuka dua baut yang mengunci reflektor dengan obeng plus (gbr.3).

Lalu, copot baut L ukuran 8 yang mengikat lampu di bagian kupingnya (gbr.4). “Setelah itu lepas soket kabel lampunya, ya (gbr.5),” paparnya.

Setelah semua lepas, tinggal pasang headlamp Vixie di Scorpio. Karena mencomot dari saudara mudanya,tentu penerapan enggak susah. Anda tinggal membalik langkah waktu membukanya tadi. Simpel, kan? Dijamin deh, dipakai malam hari, sinarnya lebih mak nyuss..!

Penulis/Foto: Jotos / Jotos

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa