Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat Sasis Musim Hujan, Biar Tidak Karatan

Editor - Jumat, 5 Maret 2010 | 09:40 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Guyuran hujan memang tak bisa dielakkan. Apalagi ketika tunggangan sedang dipakai, mau tak mau siraman air dari jalan dan dari langit pun menerpa. Begitu sampai di tujuan, pastinya tak sempat mengelap ataupun mengeringkan motor. Penunggangnya saja dulu segera berteduh.

LECET

Sepeda motor, sudah dirancang harus sanggup dipakai melewati berbagai cuaca. Namun, bukan berarti seperti badak yang enggak perlu mandi tentunya. Ada beberapa bagian yang mesti dijaga dan dirawat.

Banyak bagian yang kerap diperhatikan selama musim hujan, namun sasis boleh dibilang kerap luput dari perhatian. Pemiliknya lebih mengutamakan bagian mesin yang perlu diwanti-wanti dirawat, maklum efeknya tunggangan mogok enggak bisa wara-wiri.

Sekarang, giliran ‘tulang punggung’ yang kena rawat. Asyiknya, perawatan sasis ini bisa dilakukan sendiri.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3
No caption
No credit
No caption

Gbr 4

Cukup mudah merawat sasis ini sebenarnya, selain mesti rajin mengelap setelah terguyur hujan, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan.

Perhatikan beberapa bagian sasis yang jarang dikunjungi lap. Seperti pada batang komstir misalnya, pada bagian ini kerap lecet terkena kabel yang menghubungkan komponen di bodi dan setang (gbr.1).

Bagian lain juga perlu dilihat, seperti pada sasis bagian bawah motor laki, pada model ini terikat mesin pada sasisnya (gbr.2).


Gbr 5

Nah, di sinilah sebenarnya kotoran dari jalanan bisa bersarang. Segera siram dengan air dan sikat menggunakan sikat gigi, agar kotoran yang menempel bisa lenyap (gbr.3).

Begitu pun pada bagian sasis lain, semisal jalur minyak rem pada lengan ayun, karena bergesekan dengan slang, maka catnya akan terkikis, segera bersihkan dengan lap bersih (gbr.4) dan kemudian bisa manfaatkan cat semprot, untuk menutupi lecetnya.

Hal lain bisa dilakukan agar menjaga sasis tidak lecet, dengan memberi pelindung. Tak sulit mendapatkannya, cukup menggunakan selotip atau lakban, pada bagian yang bergesekan (gbr.5), dengan begitu catnya tidak akan terkikis.

Penulis/Foto: Manut / Manut

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa