Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin Skutik Kok Tertutup Cover Sih?

Editor - Rabu, 24 Juni 2009 | 09:44 WIB
No caption
No credit
No caption


Contohnya mesin Suzuki Skydrive tertutup rapat

OTOMOTIFNET - Suatu hari ketika main ke sebuah bengkel milik seorang teman ada pelanggan bengkel yang tiba-tiba nyeletuk setelah melihat skutik sedang diservive. “Kok mesin skutik tertutup rapat ya (tertutup cover plastik)? Padahal mesinnya tertutup cover bodi dan ada dibelakang apa enggak panas?,” tanyanya.

Meski pertanyaan polos tapi boleh dong kita tanya ahlinya. Yang pertama menjawab adalah Josep Antony Tan, senior trainer Suzuki 2W Training Center, PT Indomobil Suzuki Internasional (ISI). “Mesin skutik harus tertutup karena pendinginan maksimal justru didapat bila mesinnya tertutup rapat.”

“Karena mesin skutik mendapatkan pendinginan dari kipas di sebelah kanan mesin. Konsepnya mirip Suzuki jet cooled dimana kipas tadi meniupkan angin ke mesin,” lanjutnya. Jadi  karena ada cover yang mengelilingi mesin tadi justru mesin tetap dingin oleh angin yang ditiup oleh kipas tadi.

Nah fungsi cover bodi tadi sebagai jalur angin dari sebelah kanan mesin di tiupkan melingkari blok silinder yang panasnya cukup tinggi. Lalu dilepaskan lewat bagian bawah cover tadi. Jadi tanpa cover tadi malah bisa berefek buruk bagi mesin.

“Justru kalau cover mesinnya di buka malah jadi panas, kecuali bila sudah dilengkapi radiator seperti Honda Vario,” lanjut Endro Sutarno, Instruktur Technical Service PT Astra Honda Motor. Atau sekalian dibuka semua seperti motor-motor drag bike yang telanjang tinggal rangka dan mesin.

Begitu sob!

Penulis/Foto: Popo
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa