Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Foglamp Buatan Untuk Musim Hujan

Editor - Kamis, 30 Oktober 2008 | 08:35 WIB
No caption
No credit
No caption


Segaris lapisan cat untuk lampu kabut

OTOMOTIFNET - Musim hujan telah tiba! Pastinya ketika berkendara di malam hari dalam kondisi hujan, bakal bermasalah sama penerangan. Apalagi, kalau cahaya lampu motor sudah pakai warna putih nan terang. Pastinya, jadi tidak maksimal menerangi jalan.

“Mengakalinya mudah! Tinggal bikin lampu kabut buatan. Pasti hilang masalahnya,” bilang Angga, penyemplak Honda Supra Fit 2005 domisili Bintaro, Jakarta Selatan. Foglamp buatan? Iya! Lewat permainan cat candy tone. Langkahnya, mika headlamp diberi strip alias garis.

“Cat candy, punya lapisan tipis. Tidak menutup lapisan di bawah. Tapi usahakan menggunakan kelir orange atau kuning,” saran Zaidun alias JJ pemilik workshop JJ Airbrush di Kayu Manis, Jakarta Pusat. Karena dengan warna itu, cahaya yang dipancarkan headlamp mampu diserap jalan. Beda dengan cahaya putih yang malah hilang atau tak memantul ke jalan.

Sekali lagi, gak perlu mengecat alias melapisi keseluruhan mika pakai cat candy. Tapi, cukup satu garis sekitar 3 hingga 5 cm. Begitunya ketika tidak hujan, lampu juga bisa memendarkan cahaya putih.

Lanjut ke pengecatan! Sebelum mengecat, bersihkan dulu permukaan mika dari debu atau minyak. Sebab jika ada kedua unsur ini, maka cat dipastiakn tidak mau menempel. Sebisa mungkin, bersihkan mika pakai air sabun.

“Buat cat, bisa gunakan cat instan atau cat pakai kompresor. Mudahnya sih, pakai cat instan kalengan,” ungkap JJ. Setelah siap, semprotkan cat itu ke mika. Tapi, jangan lupa ya! Tutupi bagian mika lain yang tidak ingin disemprot pakai kertas atau koran. Tentu agar cat tidak meleber.

Kelar disemprot pakai cat candy, lanjutkan dengan pernis. Tujuannya, tentu buat lindungi foglamp buatan itu. “Maklum, namanya musim hujan pasti motor sering dicuci. Dengan dilapisi pernis, cat candy mampu terlindungi,” kata JJ.

Sekarang gak perlu lagi khawatir berkendara malam dalam kondisi hujan. Begitu juga ketika keluar kota melintas daerah pegunungan yang kerap diserang kabut! Pastinya, ada secercah cahaya yang mampu memandu jalan! Sip!

Penulis/Foto: Eka/GT

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa