Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Klip Rantai Haram Terbalik

Editor - Rabu, 15 Oktober 2008 | 09:01 WIB
No caption
No credit
No caption

Baru sebulan setelah ganti rantai. Bagus, biker pembesut Honda Mega Pro jengkel setengah mati gara-gara rantainya putus saat motornya melaju. “Masak rantai dan gear set baru bisa lepas di jalan? Kebangetan banget!,” ungkapnya.

Apa karena kualitas rantai yang buruk? Belum tentu bisa saja karena pemasangannya salah. Setelah diamati ternyata putusnya rantai tepat pada sambungan yang terdapat klip pengunci. “Saat dicari klipnya malah hilang,” sesal Bagus yang harus mendorong motor sampai ke bengkel terdekat. Melihat kejadian ini, Benny Rachmawan dari Mitra 2000, distributor rantai DID di Indonesia ikut menganalisa.

No caption
No credit
No caption

Ada rongga  di klip pengunci (di bagian depan) sebagai jalan masuk. Rongga ini jangan sampai dipasang terbalik

“Kemungkinan paling besar karena pemasangan klip penguncinya terbalik. Karena sambungan rantai tidak langsung lepas ketika pertama kali ganti rantai,” ungkapnya. Pada klip pengunci sambungan rantai salah satu sisinya ada yang berongga sebagai jalan masuk saat hendak menjepit sambungan rantai.

Posisi klip yang berongga ini harus berada menghadap ke arah gear kecil saat posisinya di bawah. “Bila terbalik, saat tertarik oleh akselerasi bagian klip yang menahan adalah yang berongga sehingga lama kelamaan posisinya akan semakin melebar lalu kunci bisa terbuka dengan sendirinya,” jelas Hasan, makanik Hasan Motor dikawasan Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.


Saat posisi klip di bawah, rongga pada klip harus menghadap ke gear kecil (gear depan)

Berbeda jika posisinya benar saat akselerasi bagian klip yang menahan adalah yang tertutup penuh, jadi akan selalu kuat meski di hentak kasar. Dari pada harus mengalami nasib yang sama dengan Bagus, lebih baik cek dulu posisi klip rantanya, siapa tahu ada yang teledor ketika ganti rantai.

Penulis/foto:Popo

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa