Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Monel, Pemanis Baut Buat Yang Doyan Detailing

Editor - Jumat, 4 Juni 2010 | 16:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Di dunia modifikasi, detail ubahan memang sangat diperhatikan, termasuk baut dan mur. Saking rapihnya, kadang bentuk fisik mur atau baut standar dianggap kurang cihuy! Solusinya, banyak di antara mereka yang mengaplikasi pemanis baut dan mur atau kerap disebut monel.

Jenis dan bentuknya bervariasi, mulai dari tutup kuping baut ukuran 8-19 mm sampai ring baut tebal yang bentuknya hampir menyerupai bos. Asiknya, monel juga gak haram diaplikasi pada motor harian.

Sebab dilengkapi dengan baut pengunci mungil, jadi tak perlu takut dari tangan jahil saat diparkir. “Cukup kencangkan bagian baut pengikat pakai kunci L, monel gak bakal bisa lepas kecuali dirusak,” buka Rini dari gerai F16, di bilangan Cileduk, Tangerang.

MODEL & FUNGSI
Di pasaran, sebenarnya monel memiliki model yang sangat bervariasi. Ada yang menyerupai piston, kerucut sampai silinder. Harganya pun bervariasi sesuai ukuran. Misal monel baut ukuran 14 dibanderol Rp 15 ribuan.

Tersedia pula ukuran yang agak besar, misal untuk kebutuhan mur as roda belakang skutik. Seperti buat Honda BeAT yang pakai mur ukuran 23. “Harga monelnya Rp 24 ribuan,” sahut Nurhidayat dari NN Custom, dibilangan Pengasinan, Jaktim.

Gak hanya sekedar baut bodi dan mesin, baut-baut lain seperti baut penghubung slang rem ke master rem juga bisa dipasangi monel. Atau, yang ukurannya kecil seperti baut setelan angin di ‘kepala babi’ yang ukurannya 8 mm juga tersedia.

Nah, khusus untuk monel di kaliper rem, memilihnya harus hati-hati. “Sebab monel tersebut memiliki ‘got’ yang gak terdapat pada monel yang hanya berfungsi menutupi kuping baut biasa,” tambah Rini.

No caption
No credit
No caption

Baut pengunci, agar monel enggak gampang dicuri
No caption
No credit
No caption

Monel drat kasar cocok buat baut bodi skutik
No caption
No credit
No caption

Ring monel, harus mengganti baut L yang lebih panjang
No caption
No credit
No caption

Model kaliper rem, memiliki got di bagian tepi

Selain untuk menutupi kuping baut, bentuk monel lainnya ada yang berdrat halus dan kasar. Yang halus bisa dipakai sebagai pengganti tutup oli. Jadi bukan tutup olinya yang di pasangi monel, tapi monel itu sendiri yang menjadi tutup bak oli.

Selain drat halus, monel dengan drat kasar dapat diaplikasi sebagai pengganti baut bodi. “Kebanyakan baut bodi skutik yang memakai drat kasar. Dengan monel ini, tampilan detail skutik jadi tambah manis,” sambung Hidayat.

Di luar jenis baut dan penutup baut, juga ada jenis lainnya, yakni monel yang berfungsi sebagi ring. Lebih tepatnya bos karena bentuk monel-nya kayak silinder. Khusus jenis ini, konsumen harus sedikit merogoh kocek hampir dua kali lipat mengingat baut bodi standar harus diganti dengan ukuran yang lebih panjang.


Monel custom dapat dipesan sesuai selera

MONEL CUSTOM
Selain monel-monel yang sudah tersedia di pasaran, ada juga monel yang bentuk dan ukurannya bisa dipesan sesuai keinginan. “Masalah harga, menyesuaikan bentuk dan ukuran baut,” ujar Dary, spesialis pembuat monel di Surabaya.

Misal, OTOMOTIF pernah bertanya harga monel besar yang ukurannya hampir sebesar tutup tangki bensin motor bebek. Dary mematok harga Rp 225 ribuan. Model yang disodorkan juga sangat atraktif yakni kerucut dengan hiasan spike di bagian pinggirnya.

Selain itu, model-model lain yang agak langka juga dimilikinya. Sedang untuk baut L ukuran 5 dan 6, Dary memasang harga Rp 6 dan 9 ribu. Oh iya, harga segitu belum termasuk ongkos kirim buat konsumen di luar kota Surabaya.

Kontak:
F16 Motor: 021-73446678
NN Custom : 021-99366170
Dary : 0857-46150150

Harga pasaran Monel
Monel untuk baut 8 - 19 mm Rp 6 - 30 ribu
Monel setelan angin kaliper Rp 10 - 12 ribu
Monel tutup baut selang rem Rp 18 - 20 ribu
Monel pentil ban Rp 8 - 15 ribu
Monel Baut oli Rp 30 - 35 ribu
Monel baut drat kasar Rp 5 - 10 ribu
Monel Ring Rp 6 - 15 ribu

Penulis/Foto: Atenx / Atenx

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa