Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tempat Cuci Helm Menjamur, Mulai Perkotaan Sampai Pedesaan

Editor - Sabtu, 20 Maret 2010 | 08:41 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Fenomena jasa pencucian helm sedang menjamur. Baik di perkotaan sampai ke daerah pinggiran kota. Mau itu satu lokasi di gerai pencucian motor, di parkiran motor mal sampai berdiri sendiri. Karena saingan semakin banyak, bermacam-macam promo pun ditawarkan.

Seperti yang saat ini sedang in di bisnis ini, penggunaan pengering berteknologi ultra violet (UV), terima servis jika helm rusak secara gratis, cuci 5 bonus 1 atau layanan antar jemput.

Nah, dari 5 gerai yang disambangi, OTOMOTIF sempat pula mengetes hasil pencucian kelima jasa pencucian di bawah ini. Hasilnya, simak ulasan ini!

No caption
No credit
No caption

Cuci Helm 99

Gerai ini beralamat di Jl. Raya Jombang No 99, Ciputat, Tangerang. Sekitar 500 meter enggak jauh dari stasiun kereta api Sudimara ke arah Ciputat. Letaknya disebelah kanan jalan.

Di pencucian ini menggunakan mesin pengering berteknologi ultra violet (UV) yang mampu membasmi kuman pada helm. Jasanya pencucian untuk satu helm jenis full face dikenakan Rp 12.500. Sedangkan model helm half face dihargai Rp 11.500. Prosesnya membutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam untuk mencuci 1 helm.

“Selain cuci helm kita juga menerima poles, perbaikan dan pengeleman bagian tertentu yang mengelupas,” ujar Alit Wijanarko, penjaga gerai Cuci Helm 99 ini.

Kontak: (021) 7013 8495

No caption
No credit
No caption

BER-SIH BER-SIH

Di kawasan Manggarai, Jaksel, terdapat satu tempat yang siap melayani pencucian khusus helm. “Sekali cuci helm hanya Rp 14.000, half face maupun full face. Kalau masih di daerah sini, kita melayani antar jemput secara gratis,” tawar Hanjar, pemilik gerai Ber-sih Ber-sih ini.

Lokasi yang tak jauh dari stasiun Manggarai dan STM Karya Guna ini memakai alat yang masih bersifat manual, jauh dari peralatan canggih, hanya pengeringannya saja yang cukup memadai.

“Untuk satu buah helm butuh waktu kurang lebih 1 jam. Sistem pengeringannya menggunakan water vacuum agar lebih cepet kering,” ujarnya.

Tak hanya itu, ada bonus lain yang ditawarkan. “Setiap 5 kali cuci, gratis 1 kali cuci helm tipe apapun, asalkan bon lamanya gak hilang,” imbuh Hanjar, yang buka gerai di Jl. Manggarai Utara 1 No 1, Jaksel ini.

Kontak: (021) 71061232/021-8299741.

No caption
No credit
No caption

Healthy Helm

Gerai yang bermarkas di Jl. Raya Pondok Gede No. 8, Molek, Lubang Buaya, Jaktim ini cukup ramai. Karena posisinya di pinggir jalan dan bersebelahan dengan bengkel motor racing, otomatis para pengendara pun banyak yang mampir hanya untuk mencuci helm.

Untuk pencucian helm full face maupun half face dihargai Rp 13.500. Waktu penegerjaannya tak terlalu lama, “Hanya sekitar 1 jam saja,” terang Yudi, sang penggawang Healthy Helm ini.

Untuk mencuci busa dalam helm, hanya butuh waktu sekitar 15 menit. Itu tergantung tingkat kotoran yang ada di dalamnya. Sedangkan untuk pengeringannya memakan waktu 45 menit.

Kontak: 0817-748161

No caption
No credit
No caption

MR. Helm

Lokasinya sangat strategis, yakni di dekat parkiran motor ITC Cipulir Mas, pintu timur, Jaksel. Bagi pengunjung mal khususnya pengendara motor yang mau belanja maupun sekedar jalan-jalan, bisa sekalian cuci helm tanpa harus menunggu terlalu lama.

“Sekalian cuci helm juga titip helm Mas. Mengambilnya juga bebas, pokoknya ditunggu sampai jam operasi mal tutup,” ujar Jefry, koordinator gerai ini.

Waktu cucinya juga cepat, hanya butuh waktu 1 jam dengan menggunakan bantuan alat pengering 8 boks berteknologi UV. Lantaran baru buka 1 bulan, Mr. Helm juga masih memberikan price promo, yakni Rp 12.000 per helm. Baik helm half face maupun full face. “Promo ini hingga 2 bulan ke depan. Setelah itu harganya normal, yakni Rp 15.000,” imbuh Jefry.

Kontak: 021-91880035.

Bikers Point

Nah, bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah Srengseng, Jakbar, bisa sambangi langsung gerai ini. Tepatnya di Jl. Srengseng Raya (samping SMK Satria), Jakbar. “Satu lokasi dengan cuci motor dan mobil,” ujar Adi Maulafi, empunya Bikers Point (BP).

Dengan bantuan alat pengering 4 titik pemanas, hanya butuh waktu 1 jam, helm sudah kering, bersih dan wangi. Ongkosnya Rp 12.500 untuk helm half face, sedangkan full face Rp 15.000.

Selain itu, menerima pula reparasi helm. “Kita juga melayani servis ringan bila ada baut hilang ataupun tidak sama antara kiri dan kanan. Serta pengeleman pada busa atau bagian lain, bila ada yang lepas. Biayanya gratis kok,” tawar Adi.

Kontak: 0856-92099978

Penulis/Foto: Pidav, Teguh, Khadafi, Banar / Teguh, Pidav, Khadafi, Banar

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa