Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlengkapan Berkendara Cewek, Murah Bikin Nyaman

billy - Jumat, 27 Januari 2012 | 11:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sekaligus melindungi
Keseharian naik motor, pengendara cewek tentu butuh perlengkapan tambahan. Selain biar tetap terlihat segar dan cantik, tentunya juga untuk membuat nyaman berkendara.

Seperti di bagian kepala, melindungi rambut sebelum menggunakan helm. Biasanya sih pakai balaclava. Penutup rambut ini bisa menghindari lepek pada bagian kepala yang juga bisa bikin apek.

Tapi sayang balaclava,  biasanya hanya tersedia untuk ukuran pengendara cowok. Besar kemungkinan ukurannya nggak pas buat cewek. Standar lingkar kepala cowok lebih besar ketimbang lingkar kepala pengendara cewek..

Biar nggak susah, bisa nih pakai cupluk atau ciput. Ini bukan adiknya Cuplis temennya Unyil itu, lho. Tapi pelapis kepala yang memang berfungsi membantu menyerap keringat di rambut sekaligus melindungi dari debu dan kotoran helm.

Pelindung kepala cupluk biasanya dari bahan katun. Ukuran lumayan besar. Kelemahan model cupluk sulit mencari ukuran kecil sesuai kepala cewek.

Karenanya, sebagian besar pengendara cewek memakai ciput. Sama seperti cupluk, ciput berbahan katun. Untuk mendapatkannya mudah. Banyak dilego di toko variasi kerudung.

Kelebihannya, ciput lebih fleksibel karena katun bisa mengikuti besar-kecilnya lingkar kepala. Seperti yang selalu digunakan Fitri, karyawati tinggal di Cilangkap, Jakarta Timur. Ia memanfaatkan ciput karena dinilai lebih praktis. 

Selain nyaman di bahan, rambut yang panjangnya sebahu bisa ikut tertutup rapat dibalik ciput. Sehingga bikin rambut aman, tidak gampang kotor karena asap, debu dan kotor selama berkendara.


Tetap nyaman saat pakai helm, pilihan warna juga banyak. Mau lembut, seperti putih, krem, abu-abu atau warna mencolok merah, oranye, dan ungu? "Warna bisa disesuaikan denga warna helm atau baju," lanjut Fitri. Sedangkan cupluk, umumnya hanya tersedia hitam.

Di bagian bawah, umumnya perempuan pasti risih kalau membonceng menggunakan rok. Sebagian disiasati dengan menggunakan legging.

Legging bersifat fleksibel mengikuti kontur kaki. Sehingga penggunaannya juga memudahkan gerak kaki saat berkendara. “Terutama buat pengenda cewek yang pakai rok bisa dipadu legging. Kalau dibonceng, akan menjadi lebih nyaman duduk seperti pengendara cowok yang memakai celana panjang,” sebut Rezy, pengendara cewek dari Bandung, Jawa Barat .

Legging juga punya banyak pilihan warna. Namun umumnya banyak dijual dengan kelir hitam. “Sebaiknya pilih warna gelap agar tidak mudah terlihat kotor,” lanjut Rezy.

Dari sisi harga, ciput jauh lebih murah dibandingkan cupluk. Harga dipastikan nggak sampai bikin kantung kering atau malah jebol dan sampai nggak bisa jajan seminggu. Satu ciput biasanya dijual antara Rp 10-15 ribu. Sementara untuk cupluk, sedikit dijual lebih mahal atau sekitar Rp 40 ribuan. Sedangkan untuk legging dilego di kisaran Rp 50-70 ribu.   (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa