Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wow, Kini Ada Sabuk Pengaman Khusus Boncenger

billy - Senin, 31 Oktober 2011 | 14:52 WIB
No caption
No credit
No caption

Selama ini kita tahu sabuk pengaman hanya ada pada mobil dan kendaraan berkabin lainnya. Tapi kini perusahaan perangkat keselamatan, Veector mengenalkan sistem sabuk pengaman yang khusus untuk keselamatan pembonceng sepeda motor.

Sistem berjuluk SIT (Secure Individual Transport) ini merupakan perangkat inovatif yang terdiri dari perangkat bantal dan sabuk. Alat yang memanfaatkan bobot pengendara ini berguna untuk menjaga pembonceng tetap dalam tempat duduknya.

Selain diharapkan dapat menurunkan risiko jatuh secara signifikan. Stabilnya posisi duduk pembonceng membuat pengendara tidak lagi takut dalam akselerasi dan menikung. Biasanya, pembonceng kerap kaget saat pengendara bermanuver mendadak dan bisa menyebabkan pembonceng terjatuh.

Aplikasi Sistem SIT tergolong mudah. Caranya,letakan bantal di atas jok pengendara. Selanjutnya selipkan tali pengunci bantal diantara jok, kunci klip nya. Terakhir, baru pasang sabuk pada boncenger dan kencangkan.

Tentunya sistem ini sangat ideal untuk anak-anak berusia di atas 5 tahun dan cocok juga untuk pemakaian pada orang dewasa. Yang paling penting adalah tali sabuk tersebut berbahan elastis. Sehingg pada saat terjadi kecelakaan, ruang gerak penumpang tetap dalam keadaan bebas, tidak menempel pada pengendara atau sepeda motor.

Perangkat ini disediakan pada dua tipe, yaitu Pan Belt dan Spyder Harness dengan aplikasi yang sama, namun bentuk berbeda. Pada tipe Pan Belt, perangkat ini direkomendasikan untuk penggunaan perkotaan, yang akan mengikat pembonceng dengan sistem kunci seperti safety belt pada mobil.

Sedangkan versi Spyder Harness ditujukan untuk waktu berkendara yang lebih lama dan kecepatan tinggi. Untuk itu sabuk tersebut tak memiliki kunci klip, melainkan posisi penyetelan yang dapat disuaikan dengan ukuran tubuh pengguna. Hal ini agar pengguna lebih dapat memiliki ruang gerak yang bebas namun tetap aman saat ngebut.

Kedua perangkat tidak memerlukan pengencang tambahan dan dapat diinstal dalam waktu kurang dari satu menit. Dimensi kedua perangkat yang ringkas memungkinkan pemilik untuk menyimpan dalam ransel atau di bawah jok.

Sayangnya baru akan diperkenalkan di EICMA, Milan 2011 bulan November nanti. Tapi sangat inspiratif kan! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa