Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada, Mata Pengendara Meleng Mengundang Celaka!

billy - Selasa, 7 Juni 2011 | 10:41 WIB
No caption
No credit
No caption


 Jalan jauh sering bikin mata gak fokus
Pengendara dilarang lirak-lirik! Begitu wanti dr. Adrian Tio. Sebab, kata dokter di balapan ini, naik motor yang gak fokus bikin celaka.

Jadi ingat sama lagu ciptaan Aa' Gym, alias Kyai Abdullah Gymnastiar. Jagalah hati, jangan kau nodai. Buat pengendara jadinya, 'Jagalah mata, jangan lirak-lirik!'.

Secara psikis, ke mana mata melihat, ke sana arah dituju. "Secara tidak sadar, mata merintah otak, lalu otak perintah bagian tubuh lainn bergerak ke arah sana. Itu mekanisme tubuh," tegas Adrian lagi.

Kerap terjadi, biker meleng saat di perjalanan. Mata melihat kejadian atau benda menarik di sekitar. Misal, cewek cantik dan seksi. Atau, kendaraan lain yang parkir. "Apalagi jalan jauh. Karena jenuh, mata jadi gak fokus," sebut Adrian.

Meleng jadi bahaya jika kita lagi di kecepatan tinggi. Secara tidak sadar, tangan bergeser sedikit, sehingga setang mengarahkan roda ke mana mata kita melihat. "Contoh, pembalap saat nikung. Mereka memandang jauh ke depan, sementara tangan mengikuti arah mata."

Contoh lainnya, jika kita coba berbincang dengan sesama pengendara di sebelah saat berjalan. Kelamaan, secara tidak sadar, jarak kita mendekat. Tau-tau, motor sudah saling menempel.

Fenomena ini berbahaya jika kita meleng di jalan. Saat pandangan kita melenceng dari tujuan, bisa ditabrak kendaraan lain yang melintas di belakang. Atau, tanpa disadari roda menabrak trotoar.

So..., jagalah mata sepanjang perjalanan. Fokus arah yang dituju. Jangan terganggu dengan kejadian di sekitar. Jika mau memandang, baiknya stop. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa