Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Altius 670 Motor Diesel Berbasis Kawasaki KLR650

billy - Jumat, 13 Mei 2011 | 19:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Motor berbahan bakar diesel kembali dibuat. Sebelumnya ada motor buatan Hayes Diversified Technologies (HDT), kini ada Altius Automotive Technologies (AAT) yang mengembangkan teknologi serupa.

Kalau HDT membuat sepeda motor armada militer Amerika Serikat, AAT membuat sepeda motor diesel Altius 670 berbasis Kawasaki KLR650. Secara desain masih terlihat seperti motor standar, tapi mesinnya sudah dimodifikasi agar bisa bekerja dengan bahan bakar diesel.

Mesin diesel pada motor ini hanya mampu mengahsilkan tenaga 33 bhp. Tetapi tentunya torsi yang dihasilkan akan sangat besar sehingga kendaraan ini diklaim akan sangat berguna di medan off road.

Untuk militer pun dipastikan lebih simpel, karena dengan motor berbahan bakar diesel tidak perlu membawa dua jenis bahan bakar selama aktifitas perperangan. Setidaknya solar yang digunakan akan sama dengan tank dan truk yang digunakan militer.

Selain itu di daerah pedesaan, motor ini juga bisa diandalkan dimana peralatan pertanian umumnya menggunakan bahan bakar solar. Seperti truk hingga alat pembajak menggunakan mesin diesel.

Sayangnya belum kepastian kapan akan segera diproduksi masal. Dan tidak ada kejelasan soal emisi. Enggak mau kan naik motor dengan asap mengepul layaknya Metromini? (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa