Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Spion Ideal, Ukuran Dalam Kenyamanan

billy - Senin, 25 April 2011 | 10:48 WIB
No caption
No credit
No caption

Dari survei yang MOTOR Plus lakukan pada 6 pabrikan motor di Indonesia, spion standar ideal yang dipasang sudah cukup untuk mengurangi blind spot yang ada. Cirinya bisa dilihat dari jarak dan lebar spion yang tidak menutup bayangan tangan atau bahkan badan pengendara. Sehingga dengan begitu, posisi kendaraan yang ada di belakang jelas terlihat.

No caption
No credit
No caption

BAJAJ XCD 125

Lebar kaca spion 8,5 cm, sedangkan panjang 15 cm. Jarak dari lubang baut ke ujung handgrip 24 cm, sementara jarak dari ujung baut ke ujung kaca spion adalah 25,2 cm. Ada lebih sedikit (1,2 cm) kaca spion dari ujung handgrip. Walaupun sisanya sedikit tapi cukup untuk memudahkan pengendara dalam meminimalkan blind spot.

No caption
No credit
No caption

SUZUKI TITAN

Hampir mirip dengan Honda Supra X 125. Lebar dan panjang kaca spion 8,6 cm dan 13,2 cm. Panjang ujung baut ke ujung handgrip 17 cm dan ujung baut spion ke ujung kaca spion 21,3 cm. Sehingga ada selisih 4,3 cm. Bedanya posisi kaca spion Titan lebih tinggi yakni 14 cm sedangkan Honda Supra X 125, 10 cm. Efeknya, jangkauan lebih luas.

No caption
No credit
No caption

KAWASAKI EDGE

Lebar kaca spion 15 cm sementara panjang 8 cm. Jarak dari lubang baut ke ujung handgrip 18 cm, sementara jarak ujung baut ke ujung kaca spion 22,5 cm. Ada cukup jarak sisa sekitar 4,5 cm yang cukup membuat penglihatan lebih leluasa. Sementara panjang tungkai spion 10 cm. Ukuran ini cukup membantu agar kaca spion mudah melihat obyek.

No caption
No credit
No caption

TVS ROCKZ

Untuk lebar dan panjang kaca spion TVS Rockz adalah 8 cm dan 14,1 cm. Ujung lubang baut ke ujung handgrip 20 cm, sementara ujung baut tungkai ke ujung kaca spion berjarak 21 cm. Panjang tungkai spion Rockz hampir sama dengan Titan yakni 14 cm. Sehingga cukup nyaman dengan menggunakan model spion dari bebek asal India ini.

No caption
No credit
No caption

HONDA SUPRA X125

Panjang kaca spion 14,7 cm. Lalu memiliki lebar 8,6 cm. Jarak antara lubang baut ke ujung terluar grip yakni 17,5. Panjang spion dari ujung baut sampai ujung kaca spion 22,7, sehingga, ada selisih 4,2 cm jarak ujung kaca spion ke ujung handgrip. Posisi ini cukup memudahkan pengendara dalam memantau obyek bagian belakang.


YAMAHA JUPITER-Z

Di antara bebek, panjang Jupiter-Z paling besar yakni 15,5 cm. Punya lebar 9 cm. Namun memiliki model menyempit ke luar. Jarak ujung lubang baut ke ujung handgrip, 20 cm, sedangkan ujung baut spion ke ujung kaca spion memiliki jarak 23 cm. Jarak 3 cm ditambah luas kaca yang besar membuat pengendara bebek ini cukup melihat obyek di belakang  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa