Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tren Pelek Palang Skubek Desain Lebih Beragam

billy - Rabu, 6 April 2011 | 18:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Kini bukan hanya pelek 17 inci!
Jangan
sampai salah paham kalau skubek berlingkar roda 17 inci itu tren yang lagi booming di Thailand. Padahal, dari hampir semua skubek modifikasi yang mejeng di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2011, lebih banyak mengaplikasi pelek 14 inci, lho!

Itu yang MOTOR Plus perhatikan. Mulai dari booth Yamaha dengan Fino serta Fiore hingga ke booth Honda dengan Yamaha Clik-I dan Scoopy-I serta PCX, semua banyak pakai pelek yang diameternya punya ukuran standar motor.

Eit! Tapi, pelek yang digunakan tentu enggak standar pabrik itu motor ya! Tapi, aplikasi merek aftermarket. Misalnya, merek Yoko. “Yoko sudah cukup terkenal dan banyak dipakai untuk motor modifikasi di Thailand,” ungkap Tom dan Tim, sales produk yang standnya jadi satu dengan part variasi lain di BIMS.

Menariknya, Yoko juga tidak hanya mengeluarkan satu atau dua model pelek saja. Tapi sudah puluhan tipe ditawarkan. Desain pelek dengan beragam tipe palang coba dibuat lebih cantik dan manis. Malah, ada juga yang terkesan mengambil desain pelek palang mobil.

Desain yang ditawarkan tidak hanya terkesan elegan, tapi sporty juga ada. Misalnya tipe TT12. Pelek ini mempunyai desain palang 10. Itu kalau dilihat secara satuan palang. Tapi karena antara dua palang saling berdekatan, seolah terlihat cuma aplikasi 5 palang. Ini buat yang kesan sporty.

Tapi, untuk yang ingin desain elegan, juga ada. Seperti tipe SR10. Ukuran palang yang ditawarkan memiliki lebih besar. Seolah, dimensi tengah pelek menjadi penuh dengan batang besar itu.

Untuk profil pelek 14 inci sendiri, Yoko lebih banyak menyediakan ukuran 1,40x14 (depan) dan 1,60x14 hingga 1.8 x14 (belakang). “Tinggal sesuaikan ukuran saja,” ungkap si kembar cantik yang juga babes produk asal Thailand ini.

Selain pelek 14 inci, tersedia juga 12 inci. Ini buat sobat yang ingin tampil beda. Misalnya, untuk Honda PCX miliknya. Pakai tipe Blaster 06, desin palang 5 yang diberikan terkesan elegan. Sesuai dengan tampilan dan pengguna skubek premium yang rada ekslusif.

Profil pelek yang diaplikasi tipe ini, 2,15x12 (depan) dan 2,50x12 (belakang). Warna pelek juga beragam. Termasuk dengan dasar krom tapi ada warna merah, kuning atau hijau di palang. Juga dikombinasi ban lebar 1,20x12 pun, bikin tampilan roda jadi gambot dan kekar. Tak lagi kurus! Ada juga pelek model reverse disc brake. Ya, diameter cakram lebih besar, kaliper tidak lagi mengapit disc dari sisi terujung luar cakram. Tapi, dari sisi dalam cakram. Tertarik?


 Pelek model reverse disck brake(kiri). Tersedia dua tipe palang lokal(kanan).
Lokal Juga Ada.
Dengan merek Power, pelek palang aluminium buatan lokal ini juga menawarkan desain yang tidak kalah menarik dengan produk luar.

"Saat ini, baru tersedia dua tipe desain palang. Rose dan Sun. Untuk Sun, itu desain terbaru,” ungkap Novi dari Inti Jaya Motor di Jl. Kebon Jeruk V, No. 260A, Kota, Jakarta Barat.

Rose, sesuai nama yang diusung. Model palang 5, menyerupai bunga mawar merekah. Sedang Sun, punya palang lebih banyak. Yaitu, 9. Sesuai sinar mentari yang seolah memancarkan banyak garis-garis cahaya. Profil pelek keduanya, 2,15x14 (depan) dan 2,50x14 (belakang).

Warna cukup beragam. Krom, black chrome, putih, titanium dan putih. Harga, Rp 700 ribu. “Tapi saat ini memang baru tersedia untuk matik Yamaha dan Honda,” ulas Novi yang bisa ditelepon di  (021) 6012360. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa