Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Safety Gear Biker Harus Utamakan Fungsi

billy - Selasa, 21 Desember 2010 | 09:21 WIB
No caption
No credit
No caption

 
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Penampilan penunggang motor tentu tak kalah gaya dengan tunggangannya. Bayangkan memiliki tunggangan penuh aksesori dan penampilan yahud, tetapi yang menungganginya malah kedodoran dengan tampilan seadanya. Enggak matching sama sekali, bukan?

Namun, bukan berarti perlu bergaya layaknya bintang di atas panggung. Ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan kala berkendara, terutama yang berhubungan dengan keselamatan. Seperti hal mendasar kala bermotor, seperti helm, sarung tangan, jaket serta sepatu yang dipakainya.

No caption
No credit
No caption
 
Sarung tangan perlu tebal di bagian tertentu
Jaket dan helm tentunya sudah menjadi perlengkapan wajib bagi penunggang motor, tetapi soal sarung tangan dan sepatu, kali ini akan dibahas betapa pentingnya peranti-peranti itu buat pengendara motor.

"Sarung tangan dan sepatu, sebenarnya merupakan pelindung yang penting," ujar Eka Satria dari Motoritz, di kawasan Mahakam, Jaksel. Seperti apa sih, perlindungan yang bisa diberikan dari peranti-peranti tersebut?

Sarung tangan yang ideal untuk penunggang motor, tentunya perlu memberikan rasa nyaman bagi pengendara. Karena ketidaknyamanan akan mengganggu konstentrasi berkendara, efeknya tentu bisa berakibat fatal bagi diri sendiri dan orang lain di jalan.

Sarung tangan ini perlu memberikan sirkulasi yang cukup bagi tangan, sehingga tidak membuat rasa panas serta lelah ketika melakukan perjalanan cukup jauh di siang hari.

Pada malam hari, perlindungan dari udara dingin pun perlu agar kondisi badan tetap fit selama perjalanan. Tetapi, sebagai perlindungan ketika terjadi kecelakaan pun, perlu diantisipasi. Seperti penggunaan bahan pada sarung tangan itu, masih mampu melindungi kulit ketika bergesekan dengan permukaan jalan.

"Makanya pada bagian-bagian tertentu dibuat bahan yang berlapis serta mendapat pelindung lebih," tutur Eka dalam sebuah kesempatan.

Misalkan bagian telapak tangan, dibuat dengan bahan cukup tebal, karena pada saat penunggang motor terjatuh, secara refleks tangan akan menahan badan ke permukaan jalan, sementara tubuh masih terseret karena beban saat terjatuh. Dengan bahan lebih tebal maka kulit tidak akan terkelupas ketika terjadi kondisi tersebut.

Sepatu tanpa tali lebih aman untuk bermotor. Sol sepatu keras, perlindungan saat kecelakaan


Begitu juga pada jaket, sebaiknya memiliki pelindung di bagian bahu, lengan dan punggung. Sebab, dengan adanya bantalan, benturan keras bisa lebih teredam dan melindungi bagian tubuh vital di baliknya.

Lantas sepatu, memang tampilan sangat penting untuk mendukung gaya, tetapi perlu juga dipertimbangkan faktor keselamatannya. "Sepatu untuk menunggangi motor enggak akan enak kalau dipakai berjalan kaki," ujar Eka. Kenapa demikian?

Karena solnya dibuat kaku, tidak lentur seperti sepatu keds untuk berjalan atau berlari. "Itu ada tujuannya, karena dengan sol yang keras, makan akan menjaga kondisi kaki tidak terlipat ke belakang saat terjadi kecelakaan," katanya menjelaskan alasannya.  (motorplus.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa