Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panitia Siapkan Pelatihan Safety Riding, di Lokasi Jambore Vario Lampung

billy - Minggu, 5 Desember 2010 | 01:34 WIB
No caption
No credit
No caption


Aviv sang instruktur sedang memperagakan bagaimana sikap pengendara pra-riding
OTOMOTIFNET - Tidak ingin ketinggalan dalam proses kampanye safety riding dari Honda, pihak penyelenggara mengikutsertakan ajang pelatihan skill safety riding di acara Jamnas Pertama Paguyuban Vario Nusantara di Metro Lampung, Sabtu-Minggu (04-05/12).

Berbeda dengan ajang pelatihan skill safety riding yang lainnya, kali ini pemberian materi skill safety riding dilakukan oleh para penggiat safety riding di klub HMPC (Honda Mega Pro Club) chapter Lampung. Tentunya ini menjadi salah satu nilai tambah, mengingat guyub antara pengguna Vario dan pengguna jenis motor Honda di segmen lainnya di Lampung, terjalin dengan sangat baik.

Tidak ada pelatihan dalam ruangan atau in-class training seperti yang dilakukan pada acara pelatihan safety riding resmi yang dilakukan oleh beberapa institusi. Namun para peserta yang ingin ikutan dalam ‘adu nyali’ teknik safety riding ala HMPC ini, akan disuruh mempraktekkan langsung teknik pengereman dan slalom.

“Kami sengaja tidak mengajarkan teknik dasar seperti yang biasa dilakukan oleh instruktur safety riding di luar sana. Karena kami pikir rata-rata bikers Honda yang hadir di sini sudah paham betul dengan penerapan safety riding. Kami lebih tekankan ke teknik stabilisasi pengendara saat pengereman ekstrim. Baik itu pengereman belakang saja, pengereman depan saja, maupun teknik pengereman dua-duanya,” ungkap Aviv H, selaku salah satu pendiri HMPC Lampung.

Teknik pengereman secara ekstrim ini pun diakui oleh Aviv, akan menjadi modal kuat bagi bikers, untuk melatih refleks bergerak dan mengendalikan motor jika terjadi dalam kondisi ekstrim. “Jadi mereka nantinya tidak akan kaget lagi, jika berada dalam kondisi ekstrim. Karena mereka sudah berlatih dengan teknik seperti ini. Lebih baik jatuh beberapa kali di sesi latihan, ketimbang jatuh di saat mengendara di jalan,” imbuh Aviv kemudian.

Bukan hanya teknik riding yang akan diajarkan oleh Aviv dan kawan-kawan, namun mereka juga akan mengajarkan bagaimana teknik safety riding mulai dari awal. Yaitu melakukan pengecekan sebelum naik motor, diantaranya mengecek setang, ban dan tekanan angin, rantai, lampu-lampu, riding gear dan lain sebagainya.

Nantinya peserta yang poinnya paling tinggi, akan mendapatkan hadiah spesial dari penyelenggara event ini. Asyik kan? Makanya bagi para bikers yang berada di Lampung dan sekitarnya, buruan datang di acara Jamnas PVN di Metro Lampung. Karena ini akan berlanjut hingga hari Minggu besok.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa