Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk Ngoprek Alarm dan Central Lock Nissan March

billy - Minggu, 27 Maret 2011 | 08:02 WIB
Nissan March
Auto Bild Indonesia
Nissan March

JAKARTA - Kehadiran mobil imut terbaru dengan fitur komplit kini semakin digemari. Seperti small hacthback Nissan March yang penggemarnya kian bertambah banyak.
 
Para pemiliknya telah tergabung dalam Nissan March Indonesia, disingkat March-i.

Seperti halnya klub mobil yang baru terbentuk, hasil seringnya kopi darat berbuah tips seputar tunggangan kebanggaan.

 
"Kita punya tips silent alarm," tegas Sonny yang menjabat seksi humas di klub barunya ini.

Lebih lanjut pria murah senyum ini menuturkan bahwa remote alarm bawaan pabrikan belum ada fitur silent mode, salah satunya pada March tipe XS.

Yakni kelengkapan untuk membungkam sementara suara alarm. "Klakson standarnya memang cuma satu dan suaranya kecil, tapi bagi yang sudah ganti klakson aftermarket efeknya suara jadi agak berisik tiap mengaktifkan remote," jelas Mamang, sapaan akrabnya mewakili pemilik March lain.

Nah, mengatasi keluhan ini March-i punya solusi hasil uji coba serta rekomendasi dari pabrikan. Tidak ada tambahan alat lagi, cukup pahami metodenya dan manfaatnya pun akan terasa seketika.

"Caranya masuk ke kabin, lalu tutup semua pintu dan kontak di posisi ON, tapi tidak perlu distarter.

 
Kemudian tekan tombol lock di panel pintu agak lama sebanyak lima kali, hingga klakson menyalak dua kali," terang Mamang yang menyarankan cukup melakukan metode ini sekali saja. Selanjutnya saat kembali mengoperasikan alarm, suara tetap tidak ada.

Mamang juga menegaskan bahwa mode silent ini hanya untuk mematikan bunyi saat posisi lock atau unlock alarm saja.

 
Namun fungsi alarm dijamin tetap aktif dan berbunyi seandainya ada tindakan yang tidak diinginkan, misalnya ada yang membongkar pintu.

Nah, untuk mengaktifkan kembali bunyinya, metode yang dilakukan hampir sama. "Kalo dari silent ke bunyi sama seperti itu, posisi kontak di ON, lalu tekan tombol lock yang di panel pintu agak lama sampai lima kali juga sampai klakson bunyi sendiri sekali," ujar Hans Bandung, pemilik Nissan March XS lansiran 2011.

Lalu tips lainnya yakni menambah fitur auto-lock dimana central lock akan aktif saat mobil dijalankan dari kondisi diam atau ketika berjalan sebentar lalu pedal rem diinjak.

 
"Perlu tambahan modul, sudah ada yang jual kok," ucap Mamang.

Di pasaran retail aksesori mobil sudah banyak dijajakan modul auto-lock peruntukkan semua tipe mobil yang dijual mulai Rp 250 ribu per paket. "Gampang kok dipasangnya," senyum Hans yang sejak mobil keluar showroom langsung memasang peranti ini.

Selamat mencoba!  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa