Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pernik Unik Mobil: Lama Tapi Baru! (Bag.1)

billy - Selasa, 22 Maret 2011 | 07:06 WIB
No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Hayo ngaku, produk-produk di bawah ini mungkin(sudah) familiar dengan Anda. Ya siapa yang enggak kenal polesan mobil yang water based, lantas ada retractable spion yang sudah kesohor sejak tahun 90 an dan nempel di dream car back to 90’s(BT90’s).

Terus ada jamur kaca yang so pasti sudah dipikirin sejak mobil ada kacanya. Lantas klakson dan bohlam yang terselip diulasan ini.

Yup tapi sadarkah kalau saking seringnya kita bertemu dengan pernik dan peranti dibawah ini, ternyata tetap ada evolusi. Bahkan ada kegunaan lain yang tersembunyi. Tentu dengan tetap mengusung manfaat dibedah lagi asas utilitasnya. Mareee..

No caption
No credit
No caption

wealthy paste polish
Sodoran ratusan produk pemoles cat mobil kerap bikin pusing kepala. Buat yang awam kadang ini bagai jebakan. Formulasi yang ditampilkan dikemasan bagai jalan pintas mengilapkan cat. T

api bisakah Anda memaksimalkan penggunaannya? Nah inilah yang ditawarkan Wealthy dengan paket produk compound paste dan fine finishing paste. “Sangat user friendly buat otomania yang suka memoles mobilnya sendiri saat week end,” terang Cin Kiang dari Wealthy grup di Meruya, Jakbar.

Sebelumnya, Wealthy lebih banyak memasok untuk kalangan profesional di bengkel/ATPM. Namun kini tersedia kemasan kecil 250 ml untuk hobbies. Harganya Rp 100 ribuan untuk kompon dan Rp 120 ribu buat polishing paste.

Bahan campurannya tidak mengandung wax atau silikon. Sudah water based dengan beberapa keunggulan lain. Seperti aplikasi finishing paste campuran paste:air hingga 1:4. Artinya tiap 250 ml paste bisa dilarutkan dengan 1.000 ml air. Kalau mobil dipoles sebulan sekali, larutannya bisa untuk 4 bulan lebih. Irit kan?

Chemical yang terkandung sudah pasti mudah terurai oleh alam. Tapi buat tubuh Anda terpenting aman buat kulit. Tidak membuat iritasi atau kulit jadi kasar. Kalau pastenya kering ditangan cukup dicuci dengan air.

Compound paste cocok buat cat lama atau baru. Bisa digunakan untuk menghapus kulit jeruk, baret hingga bekas amplas. Nah untuk mengilapkan bisa aplikasi fine finishing paste. Bisa dipakai sebagai pengilap saja tanpa perlu pakai kompon dulu.

Petunjuk pemakaian, kocok-kocok hingga larutan bercampur rata. Lalu gunakan busa atau boleh gunakan tangan untuk diusapkan ke area permukaan yang akan dipoles. Saat poles, kalau punya mesin pemoles boleh saja disetel dengan putaran 1.500-2.000 rpm. Tapi kalau enggak ada bisa pakai kain perca yang halus dengan tekanan ringan. Jika sudah mengilap gunakan microfiber untuk lap tahap akhir.

Paste ini tergolong cepat menghasilkan kilap. Keuntungan lainnya, tidak seperti silikon, water based aman untuk cat saat terpanggang panas matahari.

Wealthy: 021-58900135

No caption
No credit
No caption
 
folding mirror IC
Bagi pemilik retractable spion(RS), kini bisa dilengkap dengan modul integrated circuit. Modul yang dinamakan folding mirror tool ini compatible dengan remote alarm maupun RS standar pabrik.

Peran uniknya, spion akan melipat bila pintu dikunci dengan remote. Atau bila tanpa remote, spion akan tetap melipat jika pintu dikunci.

“Selanjutnya spion yang melipat tadi akan terbuka jika kunci kontak ON,” terang Anthony Lauw, dari PT Niaga Indah Permai yang melansir alat seharga Rp 750 ribu ini.

Bisa diaplikasikan pada mobil apa saja yang sudah RS. Jangan lupa peranti ini juga bisa sebagai pengaman kaca spion, pengingat status pintu mobil terkunci atau tidak. Sekaligus menaikan gensi layaknya mobil premium. Durabilitasnya teruji dengan aplikasi IC tadi dan tidak lagi memakai kapasitor.

PT.NIP: 021-6457770

No caption
No credit
No caption

antijamur foerch
Musim pancaroba hujan dan panas seperti sekarang sudah pasti ada tamu tak diundang yakni : jamur! Enggak melulu mampir disemua kaca mobil tapi juga bodi lo. Lantas adakah obat antijamur yang bebas diaplikasikan buat kaca maupun bodi mobil?

“Ada. Syaratnya harus yang tidak mengandung chemical acid atau soda api,” terang Alfons S dari PT. Foerch Indonesia yang melansir Foerch stain remover sebagai antijamur.

Kalau pada kaca, jamur akan membuat buram pandangan dan sinar lampu blur. Sedang pada bodi minimal membuat kilap berkurang sekaligus permukaan bodi kasar.

Sebelum aplikasi, sebaiknya permukaan kaca atau bodi tidak dalam kondisi panas. Bersihkan permukaannya. Kocok kemasan antijamur dan tuangkan isinya pada kain lembut. Usapkan pada permukaan berjamur dan sebelum kering siram dengan air. Selanjutnya keringkan dengan lap. Cairan dlam kemasan 300 ml ini bisa dibandrol sekitar Rp 50 ribuan.

PT.FI: 021-58904296


WIPER VALEO
Valeo sendiri merupakan spesialis produk OE (Original Equipment) dengan standar yang setara kualitas part orisinal. Merek asal Perancis ini biasanya banyak memproduksi produk-produk elektrikal untuk otomotif.

Misalkan macam-macam sensor dan ragam motor penggerak. "Untuk wiper, saat ini tersedia untuk mobil Eropa," jelas Vincent lo, G, direktur dari Sumber Berkat Anugerah.

Bahannya khusus dibuat dari silikon dengan tekstur yang akan langsung melekat di kaca ketika dipasang.

Tersedia tipe CN402 untuk Mercedes Benz E-class terbaru berkode bodi W211. Lalu ada tipe VM321 untuk BMW seri-3 terbaru berkode bodi E90 dan tipe VM353 untuk Mercedes Benz C-class terbaru berkode bodi W203. Dijual  di rentang harga Rp 450 ribu hingga Rp 500 ribu. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa