Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Bohlam HID Butuh Kecermatan

billy - Kamis, 24 Februari 2011 | 13:40 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Pemilihan tipe bohlam HID harus sesuai dengan tipe dudukan standar bawaan mobil. Misalnya H4, H1, H7 dan sebagainya. Hal ini bisa langsung ditanyakan ke penjualnya (kiri). Proses pemasangan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit (kanan).
Jakarta - Meski sifatnya replacement dengan pemasangan sistemand play, namun kenyataannya, proses penggantian bohlam HID (High Intensity Discharge) harus dicermati benar-benar. Terlebih untuk menentukan urutan kabel-kabel yang ada, agar tak bingung ketika menghubungkannnya.

“Prinsipnya, ballast jadi perantara antara bohlam HID dan kabel power bawaan mobil,” terang Handy, bos D2 Concept yang memegang merek HID Fox Light. Lantas bagaimana prosesnya, silakan ikuti langkahnya berikut ini;

No caption
No credit
No caption

1.Bongkar rangkaian bohlam standar dengan melepasnya dari kabel power dan rumah lampu. Lalu siapkan rangkaian bohlam lampu HID-nya.

2.Sambungkan kabel power bawaan mobil ke ballast. Masing-masing ballast untuk satu sisi lampu (kiri-kanan).

3.Dari bohlam HID yang sudah dipasangkan di rumah lampu, sambungkan juga kabelnya ke ballast. Tapi untuk beberapa jenis mobil yang mengharuskan mengakali sensor lampu dengan jumper, sambungkan terlebih dulu kabel dari bohlam ke jumper-nya, lalu kabel dari jumper yang selanjutnya menyambung ke ballast.


4.Untuk HID tipe motorized (hi-low), sambungkan soket kecil ke kabel lampu beam yang ada di mobil agar fungsi lampu jauh–dekatnya bekerja.

5.Tempel ballast di bagian yang jauh dari mesin menggunakan double tape. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa