Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hapus Logo Merek Kaca Film Mobil? Cukup Pakai Sabun Colek!

billy - Minggu, 20 Maret 2011 | 10:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Emblem atau logo yang kerapa dibiarkan ada di kaca film
Jakarta- Boleh dibilang kaca film sudah bukan menjadi sekadar peranti untuk gaya-gayaan saja. Tetapi di tengah teriknya sinar matahari, kebutuhan akan kabin lebih adem pun sangat besar. Akibatnya, kaca film pun digunakan.

Namun, ada hal yang ternyata baru disadari oleh penggunanya setelah bertahun-tahun mengaplikasi si penangkal sinar matahari itu.

MODAL MINIM

Kebanyakan, pengguna kaca film pada merek-merek tertentu pasrah dengan kondisi pelapis kaca yang dipasang di mobilnya. Maklum, sudah cukup puas dengan rasa nyaman yang diberikan, jadi jika sedikit ada ‘miss' alias gangguan dianggap wajar. Apalagi, ketika gangguan itu dikira menjadi salah satu ciri khas.

No caption
No credit
No caption

Gosok dengan sabun colek dan sedikit air beberapa saat, lalu lap hingga bersih
Seperti adanya merek atau emblem pada sisi kaca film, seperti pada 3M atau SolarGuard, misalnya. Jadi, di beberapa bagian, ada tulisan berjejer di kaca.

"Dikira memang jadi ciri khasnya," ungkap Brigita, pengguna Yaris, yang memasang kaca film pada 2009.

Namun, hal tersebut ditampik oleh Agung Sistan, dari Luminoz, salah satu dealer kaca film 3M di Jln Lapangan Bola, Jakbar. Menurutnya, tulisan tersebut bisa dihilangkan.

"Caranya mudah, cukup menggunakan sabun colek saja, lantas digosok pada tulisannya dari bagian dalam, pasti hilang," ujarnya. Wah, ternyata semudah itu. Apalagi garansi pun tidak hilang karena sudah terdaftar, dan diberi kartu garansi sesuai nomor mobil.


Gunakan kain halus untuk mengelap bagian permukaan kaca dalam
Ambil sabun colek, lalu oleskan sedikit pada bagian yang ada tulisannya. Kemudian ratakan sabun hingga benar-benar menutupi tulisan atau logonya.

Dilanjutkan dengan memberi sedikit air, lalu gosok kembali bagian tersebut hingga tulisan atau logonya hilang dan lap menggunakan lap kering dan bersih.

Lantas, ketika perlakuan berulang-ulang merawat kaca film seperti merawat muka, yaitu menggunakan tissue sebagai penyekanya, ternyata perlakuan itu malah melukai pelapis kaca itu.

Karena, ternyata bisa menggores plastik atau film pelapisnya. Jadi, sebaiknya gunakan kain halus saja ketika menyekanya. Seperti kain yang digunakan untuk mengelap kacamata.

Selain pengguna yang sudah bertahun-tahun memakai kaca film, buat yang baru saja memasang kaca film, sebaiknya bersabar menjemur mobilnya di bawah terik mata hari. "Biarkan terjemur, hingga bayangan atau garis-garis halus pada kaca film menghilang," ujar Agung.

Tak perlu khawatir, bayangan itu disebabkan oleh lem kaca film yang belum kering, setelah kering maka akan menghilang. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa