Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Rawat Tabung Air Wiper Agar Visibilitas Maksimal

billy - Kamis, 2 Desember 2010 | 17:42 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Musim serba enggak jelas yang kadang hujan tapi bisa tiba-tiba panas terik mendera. Jarak pandang sekaligus kondisi kaca depan pastinya jangan sampai dianggap remeh kan. Selain memeriksa karet wiper, jangan alpa juga tabung penampungnya.

Posisinya yang terletak di ruang mesin kadang bikin jarang ditengok. Efek paling sering bikin tabung kotor dan saluran air mampet, yang ujung-ujungnya pasti bikin kaca depan buram.



Jangan ngedumel dulu, siapa bilang susah cuma buat ngerawat tabung wiper. Pun tak butuh alat spesial hanya untuk bersih-bersih. Butuh sikat bergagang panjang yang biasa dipakai untuk membersihkan botol untuk mencapai bagian dalam tabung. Lebih enak lagi cabut tabung dari dudukannya supaya bersih-bersih makin maksimal.

"Caranya tinggal cabut tabung dari dudukannya ke arah atas (Gbr.1), jangan lupa lepas soket kabel motor pompa ya," terang Sukandi, mekanik OTOMOTIF Service Station di Jl. Panjang No.8A, Jakbar.

Selesai tabung tercabut, perhatikan bagian bawah tabung tempat motor menempel. Biasanya untuk kendaraan yang cukup umur, karet seal sekeliling pompa berpotensi bocor. Indikasinya tinggal lihat kerak sisa tetesan air di ruang mesin.

Gantinya juga banyak tersedia kok di beragam sentra onderdil tergantung merek dan jenisnya, harganya juga berkisar Rp 15 ribu. Kecuali kalau sampai tabung yang bocor alias retak, mau tak mau mesti ganti tabung baru.

Kalau yakin tak ada masalah di tabung, tinggal bersih-bersih saja untuk menghilangkan noda yang biasanya tertinggal di bagian dalam tabung. Ambil sabun secukupnya, bisa sabun cuci bodi ataupun sabun colek, lalu sikat sisi dalam tabung sampai bersih (Gbr.2). Pastikan tak ada sisa-sisa noda yang tertinggal supaya tidak menyumbat saluran motor pompa wiper.

Tabung sudah bersih, cek juga perjalanan air sampai menyemprot dengan cara melihat slang air wiper (Gbr.3). Enggak butuh alat khusus kok, cek saja secara visual apakah ada kebocoran ataupun kotoran yang menyumbat jalur air. Kalau sampai slang bocor, coba saja semprot air wiper apakah masih menyembur kencang. "Kalau pelan ada indikasi slang bocor," papar Botak, panggilan akrab Sukandi.

Jalur di ruang mesin selesai, sekalian saja periksa nosel semprotan wiper. Modelnya banyak macam mulai single spray ataupun tipe mist alias kabut. Prinsipnya sama saja, cukup sediakan jarum untuk membersihkan kerak yang biasanya menempel di nosel (Gbr.4).

Tinggal tusuk jarum melalui nosel dan coba semprot air beberapa kali untuk mengeluarkan kotoran dari slang air. Jangan lupa juga pastikan arah semburan air sudah pas di area kaca depan ya.

Sekarang tinggal menikmati perjalanan menyenangkan tanpa khawatir masalah visibilitas kan. Cihuuyy..

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa