Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Usir Dengung Pada Audio Standar Chevrolet Captiva

billy - Selasa, 16 November 2010 | 17:48 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Sistem audio standar pada Chevrolet Captiva dibekali head unit model integrated, yaitu didesain menyatu dengan panel dasbor tengah. Dari segi tampilan memang sangat menonjolkan estetika dan kepraktisan saat digunakan.

Benar saja, ketika Ahong melakukan tes dengan menekan tombol head unit yang ada, dengan tekanan lembut sekalipun sudah bisa memunculkan mode yang diinginkan.

No caption
No credit
No caption

.
.

Pintu depan terselip tweeter untuk mendongkrak nada tinggi lebih sempurna

Kualitas audionya sendiri relatif sama, antara versi bensin dan diesel. Kebetulan versi diesel yang kami tes, jadi mesti jeli benar saat mendengarkan sound-nya. Lantaran efek gemuruh mesin diesel VCDI bawaan Captiva 2.0L ini, membuat grafik frekuensi pada RTA (Real Time spectrum Analyzer) menunjukkan gejala over laping.

"Terutama saat kondisi mesin hidup. Terdapat indikasi kalau frekuensi bawahnya terlampau over. Kondisi ini membuat suara terdengar agak mendengung, seiring efek getaran mesin dieselnya," jelas Ahong.

Tetapi ada pula keunggulan sistem audio pada Captiva. Seperti telah dibekali sepasang tweeter di panel doortrim depan. Sehingga menjadikan kualitas nada mid-high lebih jelas terdengar.

Secara keseluruhan, dalam kondisi di nol (0) untuk treble dan bass, suara masih terdengar cukup bagus. Hal ini juga dipengaruhi penempatan midbass dan tweeter dengan posisi segaris.

Untuk lebih mengoptimalkan sound quality di kabin lapang Captiva, bisa disetel ulang posisi bass pada level -2. Sementara treble di posisikan di level +1, serta Fader di F03. Hasilnya, efek mendengung dari bass (frekuensi bawah) yang terlampau berlebihan akan berkurang signifikan.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa