Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Trik Mudah Bersihkan Interior Pakai Sabun Cuci Piring!

Editor - Rabu, 27 Oktober 2010 | 14:11 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Kabin merupakan wilayah paling privat dalam berkendara. Jika area ini menjadi kotor tentunya mengurangi kenyamanan. Material yang dimiliki peranti interior berbeda-beda, begitu juga dalam hal perawatannya. Penggunaan cairan atau zat pembersih untuk masing-masing peranti tentunya perlu alokasi biaya yang lebih dari cukup.

Namun usah khawatir, kini ada satu cairan yang diyakini mampu membersihkan semua material peranti dari kotoran. Cukup pakai sabun cair pencuci perkakas masak yang biasa dipakai di dapur, seperti Sunlight hingga Mama Lemon. “Ini yang paling gampang dan murah,” yakin Rainer Wibowo, komandan gerai perawatan mobil 3Steps di Bursa Mobil Summarecon Serpong, Banten.

 
No caption
No credit
No caption



No caption
No credit
No caption

Kain mikrofiber mencegah goresan pada material mika atau metal
 
No caption
No credit
No caption

Sikat atau kuas untuk menjangkau celah tersembunyi.
 
Cukup bersihkan dengan sabun cair dan kain katun.

Pemakaian sabun cair sudah terbukti ampuh menyingkirkan noda minyak pada perkakas dapur. Selain punya daya bersih maksimal, unsur kimiawinya juga bersahabat dengan material interior karena tidak bersifat asam. PH-nya netral, sehingga tidak merusak dasbor.

Pengerjaannya dapat dilakukan sendiri dengan alat-alat yang sederhana. Perlengkapan lain yang diperlukan yaitu air hangat, kain katun seperti bahan kaos, kain mikrofiber yang juga sudah banyak dijual bebas serta kuas atau sikat gigi.

Komposisinya, cukup campur kan air hangat sebanyak setengah wadah ember ukuran sedang dengan 3-4 sendok makan sunlight. Setelah tercampur, celupkan kain katun lalu peras sampai airnya tersisih. Intinya tidak perlu terlalu basah.

Peranti interior yang punya material kulit, kain fabric maupun yang punya permukaan kulit jeruk seperti dasbor dapat langsung dibasuh dengan kain. Setelah polesan kain katun selesai, gunakan kain mikrofiber untuk polesan akhir.

Khusus material mika misalkan kaca spidometer atau panel interior yang punya tekstur halus seperti bahan metal, cukup bersihkan menggunakan kain mikrofiber saja. Langkah ini ditempuh untuk mengantisipasi goresan dari partikel-partikel kecil yang biasanya menempel di kain katun biasa.

Lalu penggunaan kuas atau sikat gigi fungsinya untuk menyingkirkan debu atau partikel kotor di celah-celah tersembunyi atau yang tidak terjangkau sapuan kain katun atau mikrofiber. Misalkan pada kisi-kisi AC atau bagian dasbor yang berlekuk.

Khusus bagian plafon, untuk membersihkannya juga bisa pakai metode ini. Namun perlu diperhatikan arah sapuan kainnya. Harus satu arah saja dari depan ke belakang atau sebaliknya.

“Jangan dari kiri atau dari kanan,” wanti pria dandy ini. Hal ini dikarenakan bulu-bulu halus di material plafon menjadi berdiri. Metode yang sama seperti ini juga dapat diterapkan di material karpet dasar.

Jika masih ada noda yang membekas, ulangi langkah pembersihan dengan kain katun, tetapi menggunakan cairan minyak kayu putih. Cukup digosokkan saja pada permukaan yang terkena noda. Mudah kan!

Penulis/Foto: Anto / Anto

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa