Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Sendiri Reflektor LED, Mudah Dan Lebih Safety

Editor - Selasa, 28 September 2010 | 15:41 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Kabar baik buat Anda yang bumper belakang mobilnya masih menggunakan reflektor standar. Penempatan peranti yang dapat memantulkan cahaya saat terkena sinar ini, berkaitan dengan unsur safety.

Namun untuk lebih meningkatkan keselamatan, kini tersedia reflektor yang di dalamnya terdapat barisan lampu LED. Sehingga pengemudi di belakang dapat mengetahui keberadaan mobil di depan yang pakai reflektor LED. 

No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Seperti yang dijual Karunia Agung Motor di Pasar Mobil Kemayoran Blok B No.28-29, Jak-Pus. Di sini tersedia reflektor LED merek Eagle Eye untuk mobil Toyota Alphard, Camry, Fortuner (produk lama) dan Innova.

“Reflektor ini dilengkapi lampu LED yang setiap LED-nya terdapat 2 titik. Satu untuk lampu kecil (lampu senja), satunya lagi akan menyala ketika pengemudi menginjak pedal rem,” urai Chandra, pemilik toko.

Reflektor dengan LED bisa membantu pengemudi lain jaga jarak. “Apalagi saat berkendaran malam hari jadi lebih aman,” lanjut Chandra. Sementara di pasaran akesori, juga tersedia reflektor sejenis untuk kendaraan lain yang masih menggunakan reflektor biasa.

Chandra menyebut harga reflektor LED Rp 600 ribu sepasang. Cara pasangnya pun mudah, dapat dilakukan sendiri. Tinggal lepas reflektor standar dengan obeng kembang (Gbr.1) dari kolong bumper.

No caption
No credit
No caption

Gbr 4

Gbr 5

Lepas reflektor dari dudukannya (Gbr.2) kemudian pasang reflektor yang sudah dilengkapi LED kebalikan seperti saat melepasnya.

Untuk instalasi hubungan dengan stop lamp, buka dudukan stop lamp pakai kunci sok 10 (Gbr.3). Lantas jumper kabel reflektor LED (warna biru untuk lampu senja dan merah lampu rem) dengan kabel stop lamp (Gbr.4).

Setelah dudukan stop lamp dipasang kembali, coba nyalakan lampu senja dan injek pedal rem (Gbr.5). Kini kendaraan di belakang Anda akan lebih waspada.

Kurnia Agung Motor: 021-6546847 / 6544005

Penulis/Foto: Fend / Johan

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa