Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk Rawat Hyundai Trajet (Bag.1)

Editor - Senin, 20 September 2010 | 07:48 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Mobil berbadan besar selalu menjadi incaran utama buat acara keluarga. Salah satu incaran kuat adalah Hyundai Trajet.

"Mulai bulan lalu, banyak permintaan Hyundai Trajet, sekarang sudah tinggal sedikit," ungkap Suhada, kepala cabang Autosafe, used car centre Hyundai di Pondok Indah, Jaksel.

Mobil keluarga yang lahir sejak tahun 2000 ini memang kerap jadi incaran utama. Misalnya generasi awal yang bisa didapat dengan budget di bawah Rp 100 juta.

Malah, generasi terbaru dengan wajah lebih segar dan mesin dengan teknologi CVVT pun bisa dipinang sampai rentang Rp 130 jutaan.

No caption
No credit
No caption

Radiator

Timing belt

Menurut Suhada, tidak banyak yang perlu diperhatikan saat ingin membawa pulang Hyundai Trajet. Misalnya pada mesin, "Yang paling penting diperhatikan hanya timing belt," tambahnya.

Jangan sampai tidak terpantau usia pakainya saat baru beli. Kalau memang tidak yakin, lebih baik diganti agar kembali mengetahui rentang penggantian selanjutnya.

Pun demikian dengan kaki-kaki. Tidak banyak yang perlu diperhatikan pada sistem suspensinya yang menganut sistem MacPherson Strut. Jadi, kalau memang mengincar Trajet atau memang sudah punya  perhatikan beberapa item di bawah ini.

Radiator

Meski jarak yang ditempuh tak jauh, tetap rawan kendala bila sistem pendinginan mesin tak sempurna. Kondisi macet selama berjam-jam akan membuat mesin ‘gerah'. Gunakan Hyundai Coolant berupa 100% concentrate seharga Rp 65 ribu/liter agar air radiator tak mudah mendidih.

Timing Belt

Karet yang menghubungkan kruk as dengan camshaft ini memiliki tugas penting selama mesin hidup. Pergerakan klep dan piston menjadi sinkron berkat timing belt ini. Segera lakukan penggantian bila perjalanan lumayan jauh untuk menghindari klep bengkok bila sewaktu-waktu putus di jalan. Harganya Rp 990 ribu.

Penulis/Foto: Kl:X, Manut / Johan, KLX

 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa