Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kampas Rem-Kopling Substitusi, Teknologi Eropa-Amerika Buat Asia

Editor - Selasa, 12 Oktober 2010 | 09:51 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

LUK dengan harga lebih murah sampai 30 % dibanding orisinil

OTOMOTIFNET - Kalau punya mobil Eropa atau Amerika pasti kenal dengan LUK atau Federal-Mogul. Kedua produsen part ini kondang di bursa suku cadang tanah air untuk M-B BMW, Peugeot, Ford hingga VW.

Namun belum banyak yang tahu kalau produsen ini juga menyediakan suku cadang buat mobil Asia alias Jepang dan Korea.

“Sudah cukup komplit terutama untuk kopling set,” terang Juan Delano, direktur PT Sumber Berkat, distributor LUK di Indonesia.

Meski merek ini mungkin asing di telinga Anda apalagi dengan harga yang sangat kompetitif buat part subtitusi mudik, enggak usah khawatir dengan kualitas.

Bukan rahasia kalau produsen transmisi diseluruh dunia, akhirnya bermuara pada dua grup besar. Nah LUK ini gabung dengan Schaeffler Group yang bisnis utamanya memang di transmisi, tak hanya manual juga matik dan CVT.

Nah sebagai bahan perbandingan, boleh simak jenis dan harganya. Seperti Innova bensin dan diesel, kopling Rp 310 ribu dan dekrup Rp 350 ribu. Vios kopling Rp 155 ribu dan dekrup Rp 215 ribu. Honda Accord VTiL kopling Rp 225 ribu dan dekrup Rp 300 ribu.


Ferodo. Cukup banyak dikenal pemasok rem mobil balap, mobil massal hingga speda motor

“Nissan Terrano, kopling Rp 230 ribu dan dekrup Rp 350 ribu,” tambah Juan yang akan launching product LUK pada 25/8 mendatang.

Bagaimana dengan Federal-Mogul? Pabrikan Amerika ini awalnya memasok untuk Ford dan GM, namun juga punya merek Ferodo untuk semua jenis mobil Amerika, Eropa dan Asia(Jepang dan Korea). Untuk Asia sudah memasok OEM dan punya pabrik di Thailand.

Terbagi 3 jenis: yakni FT, Zero dan heavy duty.”Untuk mobil produksi massal kebanyakan yang dipakai adalah FT dan Zero,” terang David, sales manager Ferodo. Contoh harga disc pad depan untuk Avanza, Xenia, Terios dan Rush Rp 120 ribu.

Honda Jazz-Oddysey, brake pad depan Rp 120-125 ribu. Toyota Camry, Wish dan Harrier sekitar Rp 130 ribuan. Murah tapi pakem kan?


Penulis/Foto: Bil / Anton

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa