Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kembalikan Kenyamanan Mobil Dengan Karpet Kabin Tebal

Editor - Kamis, 19 Agustus 2010 | 13:44 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Besutan akan terlihat lebih fresh jika kabinnya juga ikut dirawat. Kondisi usia pakai kendaraan sangat memengaruhi tampilan interior, terutama karpet dasar yang menyelimuti sekujur permukaan lantai kabin.

Kalau jam terbang mobil sudah kelewat tinggi, lapisan karpet dasar di kabin biasanya mulai terlihat kusam, bahkan tak sedikit yang sudah koyak lantaran jarang dibersihkan. Untuk besutan lawas dengan tahun produksi 1990 ke bawah, umumnya belum ditambah lapisan peredam di balik karpet dasarnya. Sehingga bisa langsung dikuliti.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3
No caption
No credit
No caption

Gbr 4

"Sistem tambal sulam enggak saya rekomendasikan, karena kemungkinan bagian lainnya rusak masih ada. Ketimbang kerja dua kali, mending langsung ganti baru karpet dasar yang sudah rusak dengan yang biasa dipakai buat ruangan di rumah. Alasannya, karpet rumah punya banyak pilihan warna, dan kontur dasarnya lebih tebal," ungkap Hendy Wirawan dari Cabin Car Leather Seat, Jl. Karang Tengah No.11B, Lebak Bulus, Jaksel.

Sementara untuk besutan tahun muda dengan kondisi karpet dasar kabinnya sudah rusak lantaran pernah tergenang banjir, lanjut Ndoy sapaannya, bisa langsung dilapis ulang pakai karpet rumah tanpa mesti menguliti karpet bawaan mobil. "Pertimbangannya, lapisan peredam di bawah karpet dasar aslinya jangan sampai rusak," tambah belia yang sudah buka cabang di Cibubur, Jaktim ini.

Berikut ini langkah pengerjaan yang diterapkan pada mobil tahun muda yang sudah dimodali lapisan peredam di lantai kabinnya.

Langkah pertama membentuk pola dengan kain pola atau biasa disebut kain puring (Gbr.2). Proses ini vital lantaran bertujuan agar desain karpet baru yang akan dipasang, sesuai dengan kontur lantai kabin.

Lantaran karpet rumah lebih tebal ketimbang bawaan mobil, bagian sudut dengan kontur lebih menyiku, diakali dengan menyambung dua bagian karpet yang akan dipasang pakai mesin jahit (Gbr.3). Metoda ini lazim digunakan ketika membentuk pelapis jok mobil.


Gbr 5

Untuk mobil-mobil tahun muda yang sudah dibekali lapisan peredam di dasar lantai kabinnya, tak perlu menguliti karpet dasar standarnya. Sebab jika mengelupas sekujur karpet bawaan mobil, dikhawatirkan akan merusak peredamnya.

Nah merekatkan karpet rumah yang sudah dipola tadi, tak perlu pakai perekat cair. Selain bisa mengotori karpet dasar bawaan mobil, daya rekat pada permukaan bahan berbulu kurang bagus. Namun pada besutan lawas yang belum dibekali lapisan peredam, bisa langsung menempelkan karpet rumah ini pakai lem, yang sebelumnya harus menguliti terlebih dulu karpet bawaan mobil.

Solusinya pakai velcro yang dapat direkatkan pakai strepless (Gbr.4), pada permukaan bawah karpet rumah (permukaan halus) dan di permukaan karpet standar mobil yang mau dilapis (permukaan kasar).

Langkah terakhir dengan melapis ulang karpet dasar, dimulai dari bagian pinggir lantai kabin ke tengah. Rekatkan dengan cara menekan karpet rumah pakai sedikit tenaga, agar daya rekatnya lebih bagus (Gbr.5). Sebaiknya dahulukan bagian yang memiliki kontur menyudut, agar dapat terpasang sesuai pola.

Semakin tebal karpet yang dipakai akan membuat peredaman lebih maksimal, terutama buat mengurangi efek road noise. Sehingga kenyamanan ketika berkendara sambil mendengarkan musik kian bertambah

Cabin Car Leather Seat : 021-68122234

Penulis/Foto: Anton / Anton

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa